Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Alex Noerdin Bantu dan Beli Mahal Lukisan Pak Raden

Calon gubernur DKI Jakarta, Alex Noerdin memberikan bantuan kepada Drs Suyadi atau lebih dikenal dengan Pak Raden

zoom-in Alex Noerdin Bantu dan Beli Mahal Lukisan Pak Raden
TRIBUNNEWS/ YONI ISKANDAR
Tokoh Pak Raden dan boneka mirip dirinya dalam serial Si Unyil 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon gubernur DKI Jakarta, Alex Noerdin memberikan bantuan kepada Drs Suyadi atau lebih dikenal dengan Pak Raden. Bantuan itu diberikan setelah Alex melihat langsung kondisi Pak Raden yang dianggapnya sangat menyedihkan.

Adapun bentuk bantuan yang diberikan Alex Noerdin adalah biaya pengobatan, apresiasi terhadap karya seni lukis, dan advokasi untuk mengembalikan hak cipta Si Unyil kepada yang bersangkutan.

“Bantuan tersebut sudah disampaikan oleh staf saya Zaki dan Addi, diterima dengan baik oleh Pak Raden tadi malam,” ujar Alex dalam siaran persnya kepada Tribunnews.com, Kamis(19/4/2012).

Alex mengatakan, adanya sumbangan berupa biaya pengobatan dari dirinya semata-mata diberikan karena pengabdian pak Raden yang sangat luar biasa di bidang seni dan budaya Indonesia.

“Jika kita tidak pernah menghargai karya seni dan budaya putera bangsa, apakah bangsa asing yang harus melakukannya?” kata Alex.

Tidak hanya itu, Alex juga menyiapkan biaya serta tim advokasi untuk memperjuangkan kembalinya hak cipta si Unyil. Sebagian besar yang pernah menonton Si Unyil, kata Alex, mengetahui bahwa tokoh boneka itu adalah karya Pak Raden.

Tapi, lanjutnya, secara legal, ternyata hak cipta itu milik pihak lain, Perum Produksi Film Negara (PPFN). Khusus advokasi hak cipta, bantuan akan dikoordinir Lury Elza Alex SH LLM, puteri bungsu pasangan Alex dan Eliza, isterinya Alex bahkan membeli salah satu lukisan karya pencipta Si Unyil ini.

BERITA REKOMENDASI

Lukisan berjudul Roro Mendut dan Prana Citra ini berukuran 90 x 80 cm, semula dibanderol Rp 25 juta dan telah dipesan oleh seorang wanita kolektor.Dalam kunjungan ke tempat tinggal Pak Raden di kawasan Petamburan, Slipi, Jakarta Barat, Alex menawarkan harga lebih tinggi.

“Tapi nominalnya tidak penting. Yang lebih penting, pembelian lukisan itu bermanfaat untuk mengatasi masalah ekonomi Pak Raden,” kata Alex, sambil menjelaskan lukisan Roro Mendut dan Pranacitra itu sudah tergantung di ruang kerjanya di Jakarta.

Menurut dia, terwujudnya niat yang ia ungkapkan ketika menemui Pak Raden itu hendaknya tidak hanya dilihat dari nilai nominalnya, akan tetapi makna yang melekat pada bantuan tersebut.

Alex Noerdin adalah kandidat Gubernur DKI Jakarta yang akan maju di Pemilukada pada Juli 2012 mendatang. Figur yang masih menjabat Gubernur Sumatera Selatan ini berpasangan dengan Letjen (Mar) Purn. Nono Sampono. Bantuan dan perhatian Alex kepada Pak Raden juga bagian dari sosialisasi kepada warga Ibu Kota. “Izinkan saya dan keluarga lebih dekat dengan warga Ibu Kota,” ungkap sang calon gubernur.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas