Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

HUT DKI Jakarta

Foke: Jakarta Bisa Jadi Baromater Buku Nasional

Foke atau Fauzi Bowo sangat yakin bahwa Jakarta bisa menjadi barometer industri buku yang memberikan dampak positif bagi Indonesia.

Foke: Jakarta Bisa Jadi Baromater Buku Nasional
thejakartapost
Indonesia Book Fair 2011 

TRIBUNNEWS.COM - Foke atau Fauzi Bowo sangat yakin bahwa Jakarta bisa menjadi barometer industri buku yang memberikan dampak positif bagi Indonesia.

Ia berujar bahwa daya beli penduduk Jakarta cukup kuat untuk menjadi barometer pendidikan di Indonesia.

"Pendapatan perkapita Jakarta itu 10.000 per orang AS pertahun, penjualan buku di Indonesia masih didominasi Jakarta," ujarnya di Senayan, Jakarta (23/06/2012)

Ia juga mengungkapkan bahwa sarana buku sebagai kebutuhan edukasi bagi masyarakat sangat penting bagi warga jakarta. Untuk itu ia mengharapkan sinergi diantara pembaca, komunitas dan penerbit bisa mememberikan dampak yang baik bagi masyarakat.

"Sumber Daya Manusia (SDM) kita harus dikembangkan karena DKI Jakarta itu tidak punya apa lagi minyak juga hanya punya sedikit di kepualaun seribu, oleh karena  itu pengembangan SDM menjadi pilihan yang terbaik bagi kita," jelasnya.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Hikmat Kurnia, ketua panitia Jakarta Book Fair, mengatakan bahwa barometer perbukuan masih di jakarta karena karena sekitar 40 persen dari peredaran perbukuan berada di jakarta.

Adapun untuk meningkatkan kualitas SDM, Foke mengaku bahwa Pemda DKI sudah menganggarkan APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) sekitar 29 persen untuk biaya pendidikan. Tidak hanya itu ia juga  akan melaksanakan program wajib belajar 12 tahun yang mulai diberlakukan di ajaran 2012/2013 ini.

Baca Juga:

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas