Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tawuran Pelajar Jakarta Marak, Kemendiknas Lepas Tangan?

Direktur Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan Nasional, Toto Suprayitno, menyayangkan terjadinya tawuran antara siswa SMAN 6

Penulis: Bahri Kurniawan
Editor: Anwar Sadat Guna
zoom-in Tawuran Pelajar Jakarta Marak, Kemendiknas Lepas Tangan?
Warta Kota/Adhy Kelana
Dua kelompok siswa SMA tawuran seusai ujian nasional (UN) di Jalan Mampang Prapatan Raya, Jakarta, Rabu (18/4/2012). Tawuran yang terjadi di tengah jalan dan menggunakan berbagai sejata tajam ini berhasil dibubarkan warga sekitar dan para pengendara sepeda motor. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan Nasional, Toto Suprayitno, menyayangkan terjadinya tawuran antara siswa SMAN 6 dengan siswa SMAN 70 yang menewaskan seorang pelajar.

Peristiwa itu terjadi di Perempatan Bulungan, Jakarta Selatan, dan menewaskan siswa SMAN 6 bernama Alawy akibat ditikam sekelompok siswa SMAN 70.

"Kami sangat menyayangkan dan prihatin akan kejadian ini, apalagi ada korban ananda Alawy yang meninggal, kami tentu sangat sedih dan semoga keluarga yang ditinggalkan bisa tabah," ujar Toto saat ditemui di Instalasi Forensik, RS Fatmawati, Jakarta, Senin (24/9/2012).

Toto juga mengatakan, sesuai aturan otonomi daerah, pembinaan sekolah merupakan tanggung jawab dinas provinsi.

"Kalau kementerian kan sebenarnya nggak langsung bina sekolah. Bukannya lepas tangan tapi sesuai aturan otonomi daerah, pembinaan sekolah ada di bawah DKI," ujar Toto.

Sementara itu terkait kebijakan yang mungkin akan diambil menyusul terjadinya kasus ini, Toto mengatakan bahwa tentu akan dicari solusi yang paling tepat. Pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

"Kita harus tahu dulu akar persoalannya di mana, lalu kita cari solusi yang paling fundamental seperti apa. Nanti kita juga akan koordinasi dengan dinas dan pihak sekolah," ujar Toto.

BERITA TERKAIT

Untuk saat ini, Toto melanjutkan, biarlah pihak kepolisian menjalankan tugasnya dulu dengan melakukan pemeriksaan

"Jadi biarlah berjalan dulu pemeriksaan, yang salah nanti tentu diusut dan dihukum sesuai dengan aturan UU yang berlaku," tandas Toto.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas