Tribun

Banjir Dahsyat Jakarta

2017 Jakarta Bebas Banjir?

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan kota DKI Jakarta bebas dari banjir tahun 2017. Pasalnya program normalisasi

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in 2017 Jakarta Bebas Banjir?
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Banjir melanda pemukiman warga di kawasan Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta, Jumat (23/11/2012). Banjir di kawasan tersebut terjadi karena meluapnya Kali Pesanggrahan, akibat tingginya curah hujan yang melanda Jakarta. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan kota DKI Jakarta bebas dari banjir tahun 2017. Pasalnya program normalisasi Ditjen Sumber Daya Air di ibukota akan selesai pada akhir tahun 2016.

"Insya Allah kegiatan konstruksi selesai sampai 2017, kita desain tinggi tanah sampai 100 kibik (untuk seluruh Jakarta),"ujar Dirjen Sumber Daya Air Mohammad Hasan, Selasa (27/11/2012).

Untuk saat ini, Kementerian PU sedang mengerjakan 3 daerah untuk dinormalisasi sistem pengairannya yakni, Pesanggrahan, Angke, dan Sunter (PES). Rencananya program PES akan selesai pada tahun 2014.

"Kali di Pesanggrahan sepanjang 26 km baru selesai 8 km normalisasi, kali Angke 20 km baru 6 km normalisasi, dan kali Sunter 18 km selesai 5 km,"jelas Mohammad Hasan.

Saat ini Kementerian PU selesai mengerjakan 10 daerah rawan banjir dari 78 daerah yang ada di Jakarta, masih ada tersisa 56 rawan banjir lainnya. Sedangkan 11 daerah rawan lainnya merupakan tanggung jawab Pemda DKI.

"11 daerah rawan banjir itu tanggung jawab DKI. Itu daerah genangan yang berasal dari drainase yang mampet akibat sampah yang dibuang sembarangan di daerah itu,"papar Mohammad Hasan.

Klik:

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas