Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengerukan Kali Pesanggrahan, Angke, dan Sunter akan Dipercepat

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum (PU) punya beberapa program kerja yang bisa mencegah banjir, saat musim hujan.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
zoom-in Pengerukan Kali Pesanggrahan, Angke, dan Sunter akan Dipercepat
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Petugas membersihkan lumpur sisa banjir di sepanjang Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (18/1/2013). Sehari sebelumnya, banjir menggenangi Jalan MH Thamrin hingga mencapai satu meter. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum (PU) punya beberapa program kerja yang bisa mencegah banjir, saat musim hujan.

Beberapa program yang sudah terlaksana saat ini adalah membangun Kanal Banjir Barat (KBB), Kanal Banjir Timur (KBT), serta pengerukan pintu air di Pesanggrahan, Angke, dan Sunter (PAS).

"Makanya kami bangun KBT, KBB. Kami mengeruk di Pesanggarahan, Angke, Sunter (PAS)," ujar Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak, di kantornya, Jumat (18/1/2013).

PU juga masih terus melaksanakan program Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI), yang sudah dilakukan sejak Maret 2012. Rencananya, PU juga menambah satu pompa air. Karena, saat ini daerah Pluit sudah tidak bisa menahan curah air hujan yang besar.

"Rencana paling dekat,kami akan mempercepat normalisasi di Kali Pesanggrahan, Angke, dan Sunter (PAS)," jelas Hermanto. (*)

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas