Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wartawan Peliput Jakarta Timur Beri Bantuan ke Korban Banjir

Tak hanya meliput bencana banjir dahsyat yang satu minggu belakangan menggenangi Jakarta.

Penulis: Wahyu Aji
zoom-in Wartawan Peliput Jakarta Timur Beri Bantuan ke Korban Banjir
/DEDY SINUHAJI
Sejumlah warga melintasi banjir yang menggenangi kawasan wisata kota tua di Jakarta Barat, Minggu (20/1). Curah hujan yang tinggi di hulu sungai Ciliwung dan Jakarta mengakibatkan sejumlah wilayah terendam banjir. Tribun Medan/Dedy Sinuhaji 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tak hanya meliput bencana banjir dahsyat yang satu minggu belakangan menggenangi Jakarta.

Berangkat dari rasa saling merasakan sulitnya menjadi korban banjir, PenaTimur (Forum Wartawan Jakarta Timur) ikut menyumbangkan sejumlah bantuan, bagi korban banjir di RW 02, Kampung Arus, Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Minggu (20/1/2013).

Mulai dari media cetak, elektronik dan online, puluhan pewarta tersebut menyerahkan sandang layak pakai, sabun mandi, sabun cuci, pembalut wanita, hingga kebutuhan bayi.

"Ini semua (bantuan) hasil penggalangan yang kami lakukan tiga hari terakhir. Syukur semuanya terkumpul cukup banyak. Dan hari ini kami salurkan langsung ke masyarakat korban banjir yang membutuhkan," kata Steve Purba, Koordinator Pena Timur Peduli Banjir 2013, di lokasi.

Menggunakan, sebuah truk boks seluruh wartawan berangkat dari Polsek Jatinegara menuju titik pengungsian korban banjir.

"Kami berharap bantuan-bantuan ini dapat memenuhi kebutuhan dasar bagi para pengungsi akibat banjir Jakarta. Semoga bermanfaaat," kata Subadri Arifqi, wartawan lainnya.

BERITA TERKAIT

Sementara itu Sofyan, Ketua RT 010 RW 02, Kampung Arus, Cawang, Kramat Jati, menyambut baik aksi sosial tersebut. Menurutnya, yang sekarang dibutuhkan warga di antaranya adalah peralatan kebersihan dan perlengkapan mandi.

"Warga juga membutuhkan genset dan mesin pompa untuk membersihkan lumpur dan menyedot air," ujarnya.

Menurut Sofyan, banjir di Kampung Arus, Kelurahan Cawang, sejak Kamis (17/1/2013), merendam ratusan rumah di wilayah RT 02, 06, 08, 09, 10, 11, dan 12. Ketinggian banjir mencapai 3,5 meter. Sekitar 360 kepala keluarga (KK) atau 1.440 jiwa terpaksa mengungsi.

"Kami berharap sungai Ciliwung tidak kembali meluap. Sehingga tidak lagi terjadi banjir dan warga bisa segera pulang ke rumah," ujarnya.

*Berita Lengkap mengenai Banjir Dahsyat Jakarta Silakan KLIK Di Sini

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas