Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BNPB: Koordinasi Sudah Baik Saat Banjir Jakarta

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membantah jika koordinasi dengan berbagai kementerian dan pihak lainnya kurang saat penanganan

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in BNPB: Koordinasi Sudah Baik Saat Banjir Jakarta
KOMPAS images/KRISTIANTO PURNOMO
Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta terendam banjir, Kamis (17/1/2013). Banjir tersebut mengakibatkan akses Jalan Sudirman - MH Thamrin lumpuh. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membantah jika koordinasi dengan berbagai kementerian dan pihak lainnya kurang saat penanganan banjir di Jakarta.

BPNB mengatakan kerja sama dan koordinasi sudah dilakukan dengan berbagai pihak sebelum bencana, saat bencana dan setelah bencana.

"Kita sudah cukup banyak menjalankan kegiatan. Misalnya kesiapsiagaan. Itu membangun koordinasi sebelum bencana, kita hadirkan stakeholder. Kita buat skenario yang disepakati. Ini yang mesti dikembangkan di daerah," ujar Medi Herlianto, Dir Kesiapsiagaan BNPB dalam diskusi di Cikini, Jakarta, Sabtu (26/1/2013).

BNPB, lanjut Medi, juga memberikan penguatan program penguatan kelembagaan hingga ke daerah. Sehingga jika bencana datang, daerah-daerah juga sudah siap.

"Koordinasi kita bisa minta dukungan stakeholder. Pemerintah dan swasta. Ini berlaku ke tingkat daerah. Alhamdulilah koorinasi berjalan baik. Misalnya penanggulangan saat bencana yakni masalah kesehatan dari kementerian kesehatan dan paskabencana dengan kementerian pekerjaan umum terkait infrastruktur," tegasnya.

BPNB sendiri terdapat di seluruh provinsi dan ada di 300-an kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Klik:

BERITA TERKAIT
Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas