Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi: Sungai di Jakarta Harus jadi Ekowisata

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyusuri sungai Ciliwung sepanjang 5 kilometer di kawasan Markas Komando P

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Jokowi: Sungai di Jakarta Harus jadi Ekowisata
Warta Kota/Adhy Kelana
Petugas dengan eskavator mengeruk lumpur Sungai Ciliwung, di Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyusuri sungai Ciliwung sepanjang 5 kilometer di kawasan Markas Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (5/4/2013).

Mantan Wali Kota Surakarta itu menuturkan sungai-sungai yang ada di Jakarta harus menjadi tempat ekowisata. Hal itu bisa dilakukan setelah sungai-sungai yang ada dinormalisasi dan ditanami pepohonan di kanan-kirinya. "Ke depan sungai di Jakarta kanan kirinya harus hijau. Sungai bisa jadi tempat ekowisata," katanya.

Menurut Jokowi, untuk merealisasikan rencana ini, pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar kegiatan karya bakti dengan meminta kerjasama dan bantuan dari Kopassus serta instansi lainnya seperti Marinir dan Kostrad.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus, Mayjen Agus Sutomo mengatakan, selain melakukan penghijauan, pihaknya juta memiliki program rutin untuk membersihkan Kali Ciliwung sepanjang 5 km yang berada di dekat asrama Kopassus. Dikatakan Agus, rencana untuk menjadikan sungai sebagai ekowisata tidak akan terlaksana jika tidak ada kerjasama dengan instansi lainnya.

"Harus melibatkan orang banyak agar dapat cepat dan maksimal, terutama dengan pemerintah Depok, dan Bogor, karena banyak sampah kiriman dari sana," katanya.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas