Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

HUT DKI Jakarta

Jokowi akan Bagi 10 Ribu Tiket Gratis

Gubernur DKI Jakarta akan ada 10 ribu tiket gratis menonton pergelaran musikal tari kolosal bernuansa Betawi

Jokowi akan Bagi 10 Ribu Tiket Gratis
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, menunjukan gitar bass Metallica milik Robert Trujillo di Balaikota, Jakarta Pusat, Jumat (3/5/2013). Jokowi mendapatkan foto dan gitar bas dari promotor metallica. (WARTAKOTA/Angga Bhagya Nugraha) 

Tribunnews.com, Jakarta — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan akan ada 10 ribu tiket gratis menonton pergelaran musikal tari kolosal bernuansa Betawi, "Ariah". Pergelaran akan berlangsung di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Jokowi mengatakan, panitia menyediakan 15 ribu tiket untuk pertunjukan tersebut. Dari kapasitas itu, 5.000 tiket akan dijual, sedangkan 10 ribu tiket yang lain akan dibagi gratis ke kampung-kampung di Jakarta.

"Biar gratis tetap pakai tiket. Tapi, nanti yang gratis langsung dibagikan ke kampung-kampung," kata Jokowi, di Balaikota Jakarta, Rabu (15/5/2013) malam.

Untuk tiket berbayar, kata dia, banyak pihak yang memberikan bantuan berupa sponsor. Mantan Wali Kota Surakarta itu enggan menyebutkan siapa saja sponsor yang mendukung acara tersebut. Jokowi mengatakan untuk kalangan yang mampu membayar, dipersilakan membeli tiket.

Pergelaran sengaja dilangsungkan di Monas, kata Jokowi, agar masyarakat dari berbagai kalangan dapat menikmati pertunjukan besutan Jay Subiakto dan Erwin Gutawa tersebut. "Kalau di dalam ruangan, kita-kita saja yang bisa tonton. Kalau di tempat elite, hanya beberapa orang yang lihat," kata Jokowi.

Pergelaran musikal tari kolosal bernuansa Betawi, "Ariah", diselenggarakan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-486 DKI Jakarta. "Ariah" bercerita tentang kisah perjuangan perempuan mempertahankan martabat dan kehormatannya. Dijadwalkan pergelaran berlangsung tiga hari, mulai 28 Juni 2013 hingga 30 Juni 2013 pada pukul 19.00 WIB di sisi selatan Monas.

Sebanyak 200 penari dan 100 musisi orkestra terlibat dalam pagelaran ini. "Ariah" akan dipentaskan di panggung terbesar di Indonesia. Tiga level panggung besar itu menjadi simbol tiga tingkatan Monas, yaitu cawan, tugu, dan emas.

Beberapa bidang panggung juga akan dibuat miring dengan sudut 15, 20, dan 35 derajat. Adapun beberapa instrumen musik tradisional Betawi yang suaranya dimasukkan dalam orkestra adalah rebana biang, rebab, gamelan ajeng, dan gambang kromong.

Selain pagelaran ini, ulang tahun Jakarta juga akan dimeriahkan dengan beragam kegiatan dan program. Mulai dari penggratisan tiket Transjakarta dan tiket masuk Taman Margasatwa Ragunan (TMR), hingga lomba maraton Jakarta International 10K, Jakarta Great Sale, Jakarnaval, dan Pekan Raya Jakarta (PRJ).

Masih dalam rangkaian perayaan, akan berlangsung pula Jakarta Night Festival. Kegiatan ini diramaikan dengan delapan panggung hiburan di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Editor: Gusti Sawabi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas