Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dinas Kesehatan Ajukan RS Tarakan Jadi RS Tipe A

RSUD Tarakan sudah diajukan untuk menjadi RSUD Tipe A oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

zoom-in Dinas Kesehatan Ajukan RS Tarakan Jadi RS Tipe A
TRIBUNNEWS,COM/HERUDIN
Pasien memenuhi ruang tunggu Rumah Sakit Tarakan Jakarta Pusat, Selasa (19/2/2013). Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan mengupayakan penambahan kamar perawatan kelas tiga di setiap rumah sakit, khususnya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) seperti RSUD Budi Asih, RSUD Tarakan, RSUD Koja, RSUD Pasar Rebo, RSUD Duren Sawit dan RSUD Haji. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wisnu Nugroho

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - RSUD Tarakan sudah diajukan untuk menjadi RSUD Tipe A oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Demikian yang disampaikan oleh Dien Emawati, Kepala Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta.

"Di Jakarta saya sudah ajukan RS Tarakan untuk masuk ke RS Tipe A, yang lain belum soalnya ada beberapa persyaratan"ungkapnya saat ditemui di Balai Kota Jakarta, Selasa (9/7/2013).

Menurut Dien, RS milik Pemprov DKI ini diajukan menjadi RS Tipe A karena sudah memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kementrian Kesehatan (Kemntrian Kesehatan)

"Persyaratannya ada beberapa seperti berapa jumlah tempat tidur, berapa jumlah dokter spesialis, bagaimana sistem pemulasaraan jenasahnya. Itu beberapa peraturan yang ditetapkan oleh kemkes,"tambahnya.

Dien juga menambahkan, sistem penetapan kelas RS memang menjadi ketetapan RS dan RS yang merasa mampu memenuhi persyaratan dapat mengajukan ke Kemenkes untuk dinaikan kelasnya.

"Kalau RS Swasta ada yang memenuhi (persyaratan) ya silahkan mengajukan, nanti yang naikin kementrian kesehatan,"kata dia.

BERITA TERKAIT

RS Tipe A sendiri adalah rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis dan subspesialis luas oleh pemerintah ditetapkan sebagai rujukan tertinggi (Top Referral Hospital) atau disebut pula sebagai rumah sakit pusat.

Tipe-tipe RS sendiri, yang ditentukan oleh kualitas pelayanan dan dokter spesialis akan berpengaruh terhadap pelaksanaan sistem Kartu Jakarta Sehat (KJS), dalam hal ini adalah penetapan tarif yang berlaku dalam sistem tersebut haruslah adil bagi masyarakat dan dapat meningkatkan kesejahteraan dokter sebagai tenaga medis.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas