Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pramuka Ikut Bantu Keamanan di Terminal Rawamangun

Tak hanya anggota kepolisian maupun Dishub DKI Jakarta yang turun tangan menjaga keamanan dan kelancaran pemudik di terminal.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Pramuka Ikut Bantu Keamanan di Terminal Rawamangun
Tribunnews.com/theresia felisiani
Tiga anggota pramuka duduk di pos yakni Verlina (16), Indri (17) dan Laila (16). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Tak hanya anggota kepolisian maupun Dishub DKI Jakarta yang turun tangan menjaga keamanan dan kelancaran pemudik di terminal. Tapi aja juga anak-anak muda dari pramuka yang ikut ambil bagian.
Jika diperhatikan keberadaan para anggota pramuka ini tidak sulit dicari. Pasalnya mereka menggunakan seragam pramuka berwarna coklat dan rompi hitam.

Saat ditemui Tribunnews.com di pos pengamanan Terminal Rawamangun, Jakarta Timur. Tampak ada tiga anggota pramuka duduk di pos mereka yakni Verlina (16), Indri (17) dan Laila (16).

"Kami ini pramuka yang tergabung dalam Saka Bahayangkara Pulo Gadung. Kami diterjunkan ikut melakukan pengamanan saat mudik Lebaran 2013," ucap Verlina, Minggu (4/8/2013).

Verlina mengatakan tugas mereka sebagai anggota pramuka yakni selain mengatur lalu lintas, tetapi juga melakukan antisipasi terhadap aksi kriminal yang mengincar para pemudik.

Diutarakan Verlina, anggota dari Saka Bahayangkara ada puluhan orang dan mereka disebar serta ditempatkan di beberapa terminal seperti di Terminal Rawamangun, Terminal Polugadung dan Terminal Pinangranti.

Disetiap terminal, mereka beranggotakan 10-15 orang. Dan bertugas di Terminal mulai pukul 08.00 - 16.00 wib. Beberapa tugas yang mereka lakoni yakni seperti mengatur arus lalin, mengimbau pemudik, memberikan informasi pada pemudik, dan patroli di sekitar terminal.

"Tugas kami mengamankan penumpang dari tindak kejahatan, seperti hipnotis, copet, dan maling," kata Verlina.

Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas