Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Normalisasi Kali Ciliwung: Tempat Pembuangan Sampah di Sekitar Kali Ditutup

tempat pembuangan sampah (TPS) dipinggir aliran Kali Ciliwung di RT 12/9, Pejaten Timur, Jakarta Selatan ditutup

Penulis: Bahri Kurniawan
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Normalisasi Kali Ciliwung: Tempat Pembuangan Sampah di Sekitar Kali Ditutup
Warta Kota/Alex Suban
Anggota TNI AD dari Kodam Jaya membersihkan sampah di Sungai Ciliwung di Bidara Cina, Jakarta Timur, Rabu (14/8/2013). Ratusan prajurit TNI AD mengikuti Karya Bhakti Pembersihan Sungai Ciliwung dipimpin Kasad Jenderal TNI Moeldoko dan Gubernur DKI Jakarta, Djoko Widodo. (Warta Kota/alex suban) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Suku Dinas Kebersihan Jakarta Selatan bersama aparat lingkungan menutup tempat pembuangan sampah (TPS) dipinggir aliran Kali Ciliwung di RT 12/9, Pejaten Timur, Jakarta Selatan. Diketahui, area tersebut memang cukup lama menjadi tempat pembuangan sampah oleh warga sekitar.

Menurut Kepala Seksi Kecamatan Pasar Minggu Suku Dinas Kebersihan Jakarta Selatan Jaja Suharja, penutupan TPS liar tersebut merupakan satu bagian dari upaya normalisasi Kali Ciliwung.

“Ini sudah lama diupayakan namun waktu itu belum ada kesadaran tinggi dari warga sekitar. Saat ini kita bersama warga dan Lurah berkomitmen untuk menutup TPS tersebut,” ujarnya, Senin (26/8/2013).

Sebagai dispensasi penutupan TPS tersebut, Suku Dinas Kebersihan Jakarta Selatan akan memberikan pelayanan penempatan truk-truk pengangkut sampah yang akan datang menunggu sampah warga di Jl Poltangan, Pasarminggu.

“Setiap sore sampai malam kita tunggu gerobak-gerobak sampah dari lingkungan warga disana. Jadi ini solusi sementara yang bisa dilakukan,” jelas Jaja.

Setiap hari ada sekitar 32 gerobak mengangkut sampah ke truk pengangkut sampah dengan total volume sekitar 28 meter kubik atau sekitar 6 ton sampah sehari. Rencananya penutupan TPS-TPS liar lain juga akan dilakukan kedepannya, penutupan ini akan menjadi contoh untuk penutupan-penutupan lain.

“Ini awal saja. Kita rencananya masih akan menutup beberapa lagi,” katanya.

BERITA TERKAIT
Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas