Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengamanan Museum Harus Standar Internasional

Saya kira pengamanan museum yang ada di Indonesia harus ikuti standar keamanan di negara-negara lain

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Pengamanan Museum Harus Standar Internasional
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Petugas indentifikasi Polsektro Gambir berjalan membawa barang bukti seusai melakukan penyidikan di Museum Nasional, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (12/9/2013). Diketahui empat benda bersejarah berupa lempengan terbuat dari emas hilang dari lemari tempat penyimpanan, di ruang Arkeologi gedung A, lantai 2 Museum Nasional. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hilangnya empat Artefak di museum Nasional karena lemahnya pengamanan. Pendiri Fadli Zon Library, Fadli Zon menyarankan agar standar keamanan museum di Indonesia mengadopsi pengamanan di museum di negar-negara lain.

"Saya kira pengamanan museum yang ada di Indonesia harus ikuti standar keamanan di negara-negara lain," kata Fadli Zon kepada Tribunnews.com, Jumat (13/9/2013).

Fadli Zon menuturkan, standar keamanan itu adalah mulai dari penempatan petugas museum, pemasangan kamera pengawas ataupun penempatan satpam di dalam museum. Menurutnya, di museum yang berada di luar negeri setidaknya ada satu orang dalam setiap ruangan.

"Begitupun kamera CCTV, harus ada kamera pengawas yang merekam aktivitas di museum selama 24 jam," ujarnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Gerindra itu menyarankan agar benda peninggalan budaya yang terbuat dari emas dibuatkan deposit box. Misalnya benda peninggalan budaya yang terbuat dari emas tersebut sudah tidak dipamerkan bisa disimpan dalam deposit box tersebut.

"Atau dibuatkan pengamanan yang terbuat dari baja," ucapnya.

"Di Singapura atau Malaysia pengamanan di museumnya sudah bagus, apalagi di Amerika lebih bagus lagi," katanya.

BERITA TERKAIT
Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas