Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rikwanto: Ada Kejanggalan dalam Kasus Hilangnya Artefak Museum Nasional

Penyidik merasa ada kejanggalan dalam kasus pencurian benda bersejarah peninggalan abad VIII sampai IX tersebut.

zoom-in Rikwanto: Ada Kejanggalan dalam Kasus Hilangnya Artefak Museum Nasional
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
Garis polisi terpasang di pintu masuk Ruang Khasanah, Museum Nasional, Jakarta Pusat, yang menjadi tempat penyimpanan empat artefak emas yang hilang, Kamis (12/9/2013). Artefak dari zaman Mataram Kuno yaitu lempengan naga mendekam, lempengan Harihara, lempengan bulan sabit, dan wadah bertutup, diketahui hilang dari tempat penyimpanannya di Ruang Khasanah museum tersebut pada Rabu, 11 September pagi. KOMPAS/WISNU WIDIANTORO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyidik Polres Metro Jakarta Pusat merasa ada kejanggalan dalam kasus pencurian benda bersejarah peninggalan abad VIII sampai IX tersebut.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, Rabu (18/9/2013), mengatakan kejanggalan itu terlihat dari kunci lemari yang tidak rusak di tempat artefak tersebut disimpan.

Jika memang dibongkar paksa, maka seharusnya lemari penyimpan ataupun kunci dan kaca lemari tersebut dalam keadaan rusak. "Namun, yang ditemukan tidak rusak," ujar Rikwanto.

Rikwanto menduga, kemungkinan lemari tersebut tidak terkunci. Kemungkinan lain, ada yang menduplikat kunci lemari tersebut.

"Saat ini sedang ditelusuri bagaimana proses pemegangan kunci dan serah terimanya, termasuk waktu kapan yang tepat artefak itu hilang dari lemari penyimpanan," ujar Rikwanto.

Sampai kini, polisi telah memeriksa 45 saksi. Fokus penyidikan masih terkait kondisi internal di Museum Nasional. Penyidikan masih berlangsung untuk mengungkap siapa pelaku pencurian benda bersejarah tersebut.

Museum Nasional kehilangan empat koleksinya berupa artefak dari emas. Kejadian tersebut diketahui pada Rabu (11/9/2013) sekitar jam 09.00. Pengelola Museum Nasional baru melaporkan kejadian tersebut pada Kamis (12/9/2013). Keempat artefak tersebut terletak di dalam satu buah lemari kaca di Ruang Kasana lantai dua gedung lama Museum Nasional. Keempat artefak tersebut berukuran relatif kecil.

BERITA TERKAIT
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas