Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

MRT Harus Bisa Selesaikan Masalah Transportasi di Jakarta

Proyek MRT yang sudah ditunggu masyarakat selama 24 tahun akhirnya dilaksanakan oleh pemerintah DKI Jakarta.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in MRT Harus Bisa Selesaikan Masalah Transportasi di Jakarta
/DANY PERMANA
Seorang pengawas menyaksikan peletakan batu pertama oleh Gubernur Jokowi, tanda dimulainya proyek pembangunan Mass Rapid Transit di Dukuh Atas di Jalan Tanjung Karang, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2013). Proyek MRT tahap I dimulai dengan membangun jalur dari Lebak Buluh hingga Bundaran Hotel Indonesia sepanjang 15,7 Km, dan diperkirakan akan selesai hingga Mei 2018. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Proyek MRT yang sudah ditunggu masyarakat selama 24 tahun akhirnya dilaksanakan oleh pemerintah DKI Jakarta.

MRT dengan teknologi tinggi harusnya bisa menyelesaikan masalah transportasi di Jakarta yang cukup kompleks.

"Karena sesungguhnya kejeniusan teknologi transportasi adalah dengan menyederhanakan yang kompleks,bukannya membuat rumit sesuatu yang sebenarnya sederhana," kata Calon Anggota DPD RI dapil Jakarta, Rommy dalam pernyataannya, Sabtu (12/10/2013).

Rommy mengatakan, MRT untuk mengurangi kemacetan ini tentunya juga diharapkan bisa diakses semua orang.

"Artinya, tidak hanya orang yang mampu bayar tiket dengan harga mahal saja yang bisa menggunakan MRT," ujarnya.

Selain itu, lanjut Rommy, MRT yang dinilai nanti akan lebih ramah lingkungan, seharusnya juga bisa ramah terhadap para difabel (penyandang cacat), ibu hamil, dan lansia. Selama ini, umumnya kereta dan bus sangat tidak ramah terhadap 3 kategori penumpang ini.

Umumnya kendaraan umum membawa penumpang seperti membawa barang. Mulai dari aksi kebut sopir kopaja yang ngebut ketika menaikkan dan menurunkan lansia/ibu hamil, dan sulitnya penumpang dengan kursi roda atau kelompok difabel lainnya ketika akan bepergian dengan kendaraan umum.

"Tentunya dalam masa konstruksi proyek MRT, harapan masyarakat terhadap variabel aksesibilitas ini diharapkan terakomodir. Yakni terkait biaya tiket yang terjangkau kalangan menengah, serta ramahnya transportasi MRT terhadap difabel, lansia dan ibu hamil," katanya.

Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas