Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ada Cacing Hati di Sapi Kurban Jokowi

Cacing hati yang ditemukan di hewan yang berjenis sapi Bali, terungkap ketika petugas usai memotong dan mencacah dagingnya.

zoom-in Ada Cacing Hati di Sapi Kurban Jokowi
TRIBUNNEWS.COM/IMANUEL NICOLAS MANAFE
Jokowi saat mengalungkan nama di leher sapi. 

Laporan Wartawan Warta Kota, Fitriyandi Al Fajri

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak tujuh dari 21 ekor sapi yang disembelih di Jakarta Islamic Center (JIC) pada Hari Raya Idul Adha 1434 Hijiriah, Selasa (15/10/2013) siang, berpenyakit cacing hati.

Itu terungkap ketika Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) mengawal kegiatan pemotongan hewan.

Ketua PDHI drh Arsentina Panggabean mengungkapkan, salah satu sapi yang terjangkit cacing hati adalah milik Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). Cacing hati yang ditemukan di hewan yang berjenis sapi Bali, terungkap ketika petugas usai memotong dan mencacah dagingnya.

"Dilihat dari fisiknya, sapi milik Pak Jokowi cukup sehat. Namun, setelah dipotong, kami menemukan cacing hati sepanjang dua sentimeter," kata drh Arsentina Panggabean, saat ditemui di JIC, Selasa siang.

Meski di hati sapi milik Jokowi terdapat cacing, tim dokter tak membuang seluruh bagian hati sapi, melainkan bagian yang dihinggapi cacing saja.

Arsentina memastikan, sebetulnya hati sapi yang dihinggapi cacing tidak membahayakan kesehatan manusia yang mengonsumsinya. Sebab, ketika dimasak, kuman yang ada di hati tersebut akan mati. (*)

BERITA TERKAIT
Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas