Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengemis Ini Dapat Uang Rp 25 Juta dalam Dua Minggu

kulit yang mulai keriput dan giginya yang kuning

Penulis: Wahyu Aji
zoom-in Pengemis Ini Dapat Uang Rp 25 Juta dalam Dua Minggu
Wahyu Aji/Tribunnews
Sa aran bin Satiman dan Walang 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dengan rambut yang sudah beruban, kulit yang mulai keriput dan giginya yang kuning, Walang bin Kilon (54), terlihat seperti orang tua yang memelas untuk dikasihani.

Apalagi jika dia mulai mendorong gerobak yang dinaiki Sa'aran bin Satiman (70), tetangganya di Kampung Waladin RT 024/06, Kelurahan Pasir Bungur, Kecamatan Purwodadi, Subang, Jawa Barat.

Namun, jangan tertipu dengan penampilannya. Dua sahabat tersebut buktinya mampu mengumpulkan uang dalam jumlah fantastis, membuat miris. Uang sebesar Rp 25.448.600 terkumpul hanya dalam tempo 15 hari mengemis belas kasihan masyarakat.

Saat ditanya dari mana uang itu didapat, Walang menampik seluruhnya merupakan hasil mengemis. Dirinya menyebutkan sebagian besar dari uang itu dibawanya dari kampung halamannya di Subang, Jawa Barat.

"Nggak semua. Ada uang yang saya bawa dari kampung," kata Walang saat ditemui di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya (PSBIBD) 2 Jalan Raya Bina Marga No 48, Kelurahan Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (28/11/2013).

"Itu uang saya, Rp 21 juta," ujarnya.

Menurut Walang, baru 6 bulan dia mengemis di Jakarta. Selama 6 bulan, dia dan Sa'aran mengelilingi Jakarta dengan mendorong gerobak. Walang sebagai pendorongnya, dan Sa'aran yang duduk di atas gerobak sebagai orang yang sakit.

BERITA TERKAIT

"Ya saya muter saja. Assalammualaikum... Kasihan, Pak. Terus dapet uang. Gitu saja," ujarnya lalu menirukan.

Sebelumnya, Kasie Rehabilitasi Sudin Sosial Jakarta Selatan, Miftahul Huda menuturkan pihaknya mengamankan dua sahabat itu di pangkalan yang biasa digunakan sebagai lokasi beroperasi yakni, di Jalan Raya Gatot Subroto, tepatnya di kolong flyover Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (26/11/2013) malam sekitar pukul 19.30 WIB.

Dirinya mengaku baru datang dari Subang 15 hari lalu dan berhasil meraup uang hingga sebesar Rp 25 juta.

Hal tersebut diketahuinya saat dilakukan pemeriksaan langsung, ditemukan beberapa plastik berukuran berwarna hitam yang di dalamnya terdapat kantong-kantong plastik kecil dengan warna yang sama.

Pada plastik pertama, katanya, petugas menemukan sejumlah uang berantakan dengan total sebesar Rp 7 juta.

"Petugas kaget, kemudian memeriksa plastik lainnya dan ditemukan juga uang dengan jumlah jutaan. Sehingga dalam pemeriksaan itu diketahui kalau total uang keseluruhan sebesar Rp 25.448.600," katanya.

Lebih lanjut dirinya mengimbau masyarakat agar tidak terjebak dan merasa iba terhadap penampilan para PMKS yang lusuh dan kotor, karena hal tersebut merupakan modus dalam mencari uang.

Kedua PMKS tersebut dalam menjalankan aksinya, Walang dan Sa'aran memiliki tugas dan peran yang berbeda, yakni Walang yang masih terlihat bugar bertindak sebagai pendorong gerobak, sedangkan Sa'aran yang lebih tua dan kurus berpura-pura sebagai orang sakit yang berada di atas gerobak.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas