Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dirut PT KAI: Siapa yang Paling Bertanggung Jawab?

Dirut PT KAI, Ignatius Jonan, menyimpulkan supir truk pengangkut BBM menerobos palang pintu perlintasan kereta api

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Dirut PT KAI: Siapa yang Paling Bertanggung Jawab?
Tribunnews/Yudie Thirzano
Suasana di lokasi tabrakan antara KRL jurusan Serpong-Tanah Abang dengan truk tangki pembawa bahan bakar di pelintasan Pondok Betung, Bintaro, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2013). Akibat kecelakaan tersebut korban meninggal dunia sementara 5 orang serta puluhan lainnya luka bakar dan ringan. (Tribunnews/Yudie Thirzano) 

TRIBUNNEWS.COM, Jakarta - Meski Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) belum melakukan penyelidikan, Dirut PT KAI, Ignatius Jonan, menyimpulkan supir truk pengangkut BBM menerobos palang pintu perlintasan kereta api sebelum ditabrak KRL Communer Line di perlintasan Pondok Betung, Bintaro, pada Senin (9/12/2013) siang.

Menurut Jonan, petugas jaga palang pintu sudah melaksanakan tugasnya sesuai prosedur dengan menutup palang pintu dan menyalakan sirene sebelum kejadian nahas itu terjadi.

Demikian disampaikan Ignatius Jonan kepada wartawan di lokasi kejadian, Bintaro, Senin (9/12/2013) menjelang dini hari tadi.

Jonan mengatakan, tabrakan antara kereta api dengan truk BBM itu adalah kecelakaan jalan raya. Sebab, palang pintu perlintasan kereta api hanya sebuah alat bantu.

Sementara, yang paling penting dan perlu diperhatikan oleh pengendara adalah rambu-rambu lalu lintas.

"Sekarang saya tanya, siapa yang paling tanggung jawab? Coba baca Undang-undang Lalu Lintas Jalan Raya dan Undang-undang Perkeretaapian. Kan di situ dijelaskan, kan kalau diperlintasan itu, sebelum melintas harus berhenti, lihat kanan kiri, itu ada. Kan ada tanda palang silang. Jadi, dia itu harus berhenti," kata Jonan kepada wartawan.
 

 Abdul Qodir

BERITA TERKAIT
Tags:
KRL
Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas