Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi: Tahun Depan Pembangunan Underpass Lintasan Kereta Dimulai

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menegaskan pembangunan underpass atau fly over lintasan kereta akan mulai dibangun tahun depan

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Jokowi: Tahun Depan Pembangunan Underpass Lintasan Kereta Dimulai
Warta Kota/Alex Suban
Underpass 

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR -- Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menegaskan pembangunan underpass atau fly over lintasan kereta akan mulai dibangun tahun depan pada sejumlah titik di Jakarta.

"Salah satu Permata Hijau. Kami usahakan. Sore ini mau kita lihat," ungkap mantan Walikota Solo ini kepada wartawan, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/12/2013).

Lebih lanjut menurut gubernur yang akrab disapa Jokowi ini, pembangunan underpass rencananya akan dibangun pada 12 titik lokasi. Selain akan juga membangun elevated train.

"Tahun depan, meskipun memang lama bangun elevated train, di beberapa titik tetap underpass," tegasnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan, EE Mangindaan mengungkapkan dalam rangka pengamanan pelintasan sebidang, tak ada pilihan lain kecuali dibuat underpass atau fly over, dan juga rel dibuat elevated (melayang).

"Kalau tak bisa elevated, beberapa tentu dengan underpass," tutur Mangindaan kepada wartawan di di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat," Selasa (10/12/2013).

Menurut Mangindaan, untuk menyelesaikan perlintasan sebidang dibutuhkan kerja sama semua pihak, baik pusat maupun daerah.

BERITA TERKAIT

Karena itu, solusi dibuatnya underpass atau fly over, dan juga rel dibuat elevated (melayang), kata dia akan segera direalisasikan. Hal ini terungkap saat Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Purnama (Ahok) dan PT KAI bertemu dan menyepakati secepatnya digelar rapat untuk memulai pembangunan elevated (flyover) dan underpass.

"Kalau tidak salah ada 15 titik, termasuk yang di Bintaro. Yang kemarin itu jalan kelas 3 pasti elevated. Kalau jalan kelas 1 karena besar pakai underpass karena lebih singkat. Sebagian banyak akan elevated. Diutamakan jalan ramai, rata-rata kelas 1 dengan underpass, beberapa kelas 3 seperti yang kemarin akan dielevated. Yang kemarin itu kelas 3 tapi ramai," tuturnya.

Diakui, hambatan utamanya adalah penganggaran. Sebab, lanjutnya, biaya untuk membuat fly over, under pass ataupun rel layang tidaklah murah. “Biayanya besar. Kalau uangnya ada, nanti tinggal dipilih opsi yang mana, apakah jalan raya yang dibikinkan fly over atau under pass atau kereta yang dibuat elevated,” terangnya.

Lebih lanjut Mangindaan katakan, ada 15 perlintasan di DKI Jakarta yang menjadi prioritas. Sebab, di 15 lintasan tersebut, frekuensi arus kendaraan sudah sangat padat. Menurutnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sudah menyanggupi hal tersebut.

“Pak Gubernur sudah menyanggupi. Mungkin kendalanya masalah anggaran. Kami tidak tahu pasti kapan realisasinya akan terjadi,” kata Mangindaan.

Akan tetapi, Menhub berharap, pembangunan di 15 perlintasan tersebut dapat dimulai secepat mungkin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas