Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi: Penjaga Pintu Perlintasan yang Asli Sedang Cuti

penjaga pintu perlintasan yang sebenarnya sedang cuti.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Polisi: Penjaga Pintu Perlintasan yang Asli Sedang Cuti
KOMPAS images/VITALIS YOGI TRISNA
Petugas berusaha mengangkat bangkai truk di lokasi tabrakan kereta rel listrik (KRL) jurusan Serpong-Tanah Abang dengan truk tangki pengangkut bahan bakar di pelintasan Pondok Betung, Bintaro, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2013). Kecelakaan mengakibatkan sejumlah rangkaian gerbong dan truk tangki terbakar, Serta menelan korban meninggal dunia sementara 5 orang serta puluhan lainnya luka bakar dan ringan.. (KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNA) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) dan pemeriksaan 7 saksi terkait kecelakaan antara KA Commuter Line dengan truk tangki premium di pintu perlintasan KA Pondok Betung, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2013), polisi menemukan fakta bahwa penjaga pintu perlintasan KA yang bertugas saat kecelakaaan terjadi bukanlah penjaga pintu perlintasan yang sebenarnya.

Hal itu dikatakan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Selasa (10/12/2013).

Menurut Rikwanto, penjaga pintu perlintasan yang sebenarnya sedang cuti. Sehingga saat itu yang bertugas adalah seorang teknisi pemeriksa bantalan rel yang diperbantukan menjadi penjaga pintu perlintasan KA.

"Apakah memang bisa digantikan oleh orang lain dan siapa saja yang bisa menggantikannya, akan kami tanyakan ke PT KAI, bagaimana SOP yang sebenarnya," kata Rikwanto.

Karenanya, menurut Rikwanto, pihaknya belum dapat menyimpulkan apakah hal ini menjadi salah satu penyebab kecelakaan tersebut atau tidak.

"Petugas masih dilapangan dan melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak untuk mendalami kasus ini dan menemukan penyebabnya," papar Rikwanto.

Menurutnya pihaknya sudah memeriksa teknisi bantalan rel yang saat itu bertugas menjadi penjaga pintu perlintasan KA menggantikan penjaga pintu perlintasan sebenarnya yang sedang cuti.(bum)

BERITA TERKAIT
Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas