Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Warga Mengira Banjir Hanya Setinggi Betis

Banjir hal biasa bagi warga Dukit Duri. Mereka mengira sepertinya banjir hanya akan sebatas betis. Nyatanya, rumah mereka nyaris 'tenggelam'

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Warga Mengira Banjir Hanya Setinggi Betis
Tribunnews/JEPRIMA
Para pengguna jalan memaksa menerobos banjir di Bidara Cina akibat meluapnya Kali Ciliwung, Otista, Jakarta Timur, Senin (13/1/2014). Hujan yang mengguyur Jakarta dan Sekitarnya sejak kemarin mengakibatkan sejumlah ruas jalan dan perkampungan terendam banjir. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebagian besar rumah di Jalan Melayu Kecil II, Kelurahan Bukit Duri, Jakarta Selatan hingga kini masih tenggelam. Warga yang memiliki rumah dua lantai masih bertahan di lantai dua rumah mereka.

Lukmanulhakim, (56), salah seorang warga Jalan Melayu Kecil II mengatakan air yang berasal dari luapan kali Ciliwung mulai meluap sejak malam tadi, sekitar pukul 19.00 WIB. Namun demikian tidak banyak warga yang mengungsi, karena mereka pikir banjir hanya akan setinggi betis.

"Kami pikir banjirnya tidak seberapa, ternyata airnya tinggi juga," ujarnya.

Hingga menjelang subuh tadi, air masih terus meninggi. Di jalan tersebut hanya sekitar tiga rumah yang luput dari banjir. Hal itu membuat banyak warga yang terjebak banjir. Namun kini banyak di antara mereka yang sudah dievakuasi, dan hanya sebagian saja yang memilih bertahan di rumah dengan alasan untuk menjaga barang-barang berharga.

"Padahal dari semalam sudah banyak yang mengingatkan warga untuk evakuasi," terangnya.

Lukman lebih lanjut menjelaskan sejak puluhan tahun lalu wilayah tersebut memang sudah menjadi langganan banjir. Namun banyak yang memutuskan untuk bertahan karena tidak memiliki pilihan lain untuk pindah.

BERITA TERKAIT

"Kami tahu daerah di sini langganan banjir, tapi kita mau pindah kemana lagi," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas