Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Drainase Jakarta Semrawut: Sembarangan Pakai Drainase Buat Kabel Kena Pidana

sistem drainase juga diikuti instalasi utilitas seperti kabel listrik, fiber optik, dan lainnya, sehingga mengurangi daya tampung air

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Drainase Jakarta Semrawut: Sembarangan Pakai Drainase Buat Kabel Kena Pidana
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, masuk kedalam gorong-gorong di sekitar Jalan MH.Thamrin, Rabu (26/12/2012). Gubernur meninjau kondisi gorong-gorong untuk mengetahui penyebab banjir yang sering terjadi di jalan MH.Thamrin. 

Laporan Wartawan TRIBUNnews.com, Nicolas Timothy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI, Manggas Rudi Siahaan mengakui sistem drainase di Jakarta sudah tidak sesuai fungsinya lagi, sehingga tidak mampu menampung air yang menyebabkan genangan air di ruas jalan.

"Faktanya sewering system dan drainase system menjadi satu, sebagian air rumah tangga, air cucian, mandi, dapur, dan limbah dibuang ke situ (drainase)," ujar Manggas di kantornya, Jakarta, Kamis (23/1/2014).

Manggas melanjutkan, sistem drainase juga diikuti dengan instalasi utilitas seperti kabel listrik, fiber optik, dan lainnya, sehingga mengurangi daya tampung air dari ruas jalan masuk ke dalam drainase.

"Nah kalau menjadi satu itu kan jadinya over floaded," tutur Manggas.

Atas kondisi yang ada, Manggas menambahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan jajaran Polda Metro Jaya agar menindaklanjuti laporan adanya pemasangan instalasi yang tidak sesuai prosedur.

"Ini akan dilaporkan kepada kepolisian. Diancam sanksi pidana," kata Manggas.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas