Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bukan Terbakar, Ini Penyebab Busway Keluarkan Asap di Dekat SPBU Gajah Mada

Armada itu dilaporkan baru berusia dua tahun. Tak ada komponen yang terbakar saat busway itu mengeluarkan asap pekat yang membuat panik penumpang

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Bukan Terbakar, Ini Penyebab Busway Keluarkan Asap di Dekat SPBU Gajah Mada
Twitter.com/@TMCPoldaMetro
Bus TransJakarta yang mengeluarkan asap di depan SPBU Gajah Mada, Hayam Wuruk arah Harmoni, Selasa (18/2/2014) pagi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Theresia Felisian

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bus TransJakarta yang mengeluarkan asap di Jalan Hayam Wuruk, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat pada pukul 09.40 WIB, Selasa (18/2/2014) ternyata bermasalah pada suplai oli yang terhambat.

"Tidak ada ledakan dan terbakar. Bus mengeluarkan asap karena suplai oli tersumbat," terang Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, Selasa (18/2/2014) di Mapolda Metro Jaya.

Diutarakan Rikwanto, kejadian bermula saat bus melintas di Jalan Hayam Wuruk dan mengeluarkan asap. Lalu diduga terbakar, lantaran takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Bus menepi di dekat sebuah SPBU.

Di SPBU, dimintakan alat pemadam serta disemprotkan ke bagian yang berasap hingga beberapa saat kemudian asap hilang.

"Setelah dicek oleh petugas TransJakarta tidak ada yang terbakar. Hanya ada masalah di bagian suplai oli tersumbat sehingga mengeluarkan asap. Setelah dibetulkan teknisi bus bisa berjalan kembali," tutur Rikwanto.

Ditempat terpisah, Kepala Humas Unit Pengelola TransJakarta, Sri Ulina Pinem juga membenarkan adanya bus TransJakarta yang mengeluarkan asap di Jalan Hayam Wuruk, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat pada pukul 09.40 pagi, Selasa (18/2/2014).

BERITA TERKAIT

"Kelur asap putih sehingga penumpang panik keluar," ujar Sri Ulina saat dikonfirmasi wartawan.

Sri Ulina menjabarkan kronologis kejadiannya. Bus TransJakarta bernomor polisi B 7539 TGA tersebut ketika melintas di Jalan Hayam Wuruk setelah Shelter Olimo menuju ke Kota mengeluarkan percikan api dari knalpot. Lambat laun, dari knalpot sampai mesin mengeluarkan asap yang tebal, sehingga bus terpaksa menepi dan penumpang di dalam berhamburan keluar.

"Setelah dilihat asapnya banyak kemudian para petugas memadamkan dengan 5 tabung Apar," ucap Sri.

Sri menambahkan, informasi yang didapat bahwa peristiwa berasapnya bus TransJakarta tersebut tengah mengangkut kurang lebih 50 penumpang. Kesemua penumpang itu dalam keadaan selamat.

"Sejauh ini tidak ada korban, evakuasi berjalan cukup cepat, petugas kami sudah mengamankan dibantu petugas SPBU. Karena itu kejadian dekat SPBU untuk medamkan percikan api," ucap Sri Ulina.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas