Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Jelaskan Mengapa Monorel Ground Breaking Dahulu Sebelum PKS Selesai

Gubernur DKI Jakarta J menjelaskan mengapa pihaknya bersama PT Jakarta Monorail melakukan peresmian atau ground breaking pembangunan monorel

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Jokowi Jelaskan Mengapa Monorel Ground Breaking Dahulu Sebelum PKS Selesai
/henry lopulalan
MEMULAI PEMBANGUNAN MONOREL - Gubenur DKI Jakarta Jokowi, menggerakan alat bor pile sebagai tanda dimulainya pembangunan Monorel di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu(16/10/2013). Pengerjaan ini dianggarkan sebesar Rp 8 triliun dan diharapkan bisa selesai dalam 3 tahun untuk jalur green line dan jalur blue line yang telah direncanakan. (Warta Kota/henry lopulalan) 

Laporan Wartawan TRIBUNnews.com, Nicolas Timothy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjelaskan mengapa pihaknya bersama PT Jakarta Monorail melakukan peresmian atau ground breaking pembangunan monorel padahal Perjanjian Kerja Sama (PKS) belum tuntas.

"(Groundbreaking) itu hanya ingin menunjukkan bahwa kita ada semangat untuk lanjut," ujar Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Jumat (27/2/2014).

Jokowi mengatakan, meski telah dilakukan ground breaking, pihaknya tetap meminta kepada PT Jakarta Monorail agar segera melengkapi persyaratan-persyaratan yang diberikan Pemprov DKI.

"Tapi kan tetap hati-hati. Jangan sampai PKS sudah diberikan, tapi monorel enggak jadi-jadi. Semangatnya kan agar enggak mangkrak," ucap Jokowi.

Seperti diketahui, peresmian dimulainya proyek monorel dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2013. Namun hingga kini proyek tersebut tak kunjung dibangun. Ternyata, ada tiga persyaratan yang belum dipenuhi oleh PT Jakarta Monorail yaitu masalah aspek legal, pendanaan dan teknis.

Selasa kemarin, Pemprov DKI menambah dua syarat kepada PT Jakarta Monorel. Dua syarat itu yakni mereka dibebankan jaminan 5 persen dan harus selesaikan satu koridor dalam waktu 3,5 tahun dan 5 tahun selesaikan dua koridor.

BERITA TERKAIT
Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas