Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Begini Cara Kerja Thermoscan Deteksi Penyakit

Thermoscan sendiri berbentuk mirip speaker dengan sensor infra merah untuk mendeteksi panas tubuh penumpang

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Begini Cara Kerja Thermoscan Deteksi Penyakit
Warta Kota/Banu Adikara
Petugas dari Kemenkes sedang mengoperasikan Themoscan, semacan alat pendeteksi penyakit penumpang pesawat yang datang dari luar negeri di Bandara Internasional Soekarno Hatta 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG -- Pihak Bandara Internasional Soekarno-Hatta sudah memasang dua unit thermoscan untuk memindai suhu tubuh setiap penumpang yang baru tiba di terminal kedatangan bandara.

Pantauan Warta Kota dalam Terminal Kedatangan 2 D dan E, dua unit thermoscan sudah terpasang di dekat eskalator menuju tempat imigrasi bandara.

Thermoscan sendiri berbentuk mirip speaker dengan sensor infra merah untuk mendeteksi panas tubuh penumpang yang melintas.

Dua thermoscan itu masing-masing terhubung dengan satu unit komputer dan kamera untuk merekam gambar penumpang.

Suhu tubuh penumpang yang lewat nantinya akan langsung terpampang di layar komputer, dan akan langsung diarahkan petugas bilamana suhu tubuhnya melebihi 38 derajat celcius.

"Cara kerjanya cepat sekali. Jadi penumpang tidak perlu berdiri diam dalam kurun waktu tertentu untuk di scan," kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno - Hatta, Oenedo Gumarang, Jumat (9/5/2014).

Setelah suspect MERS terdeteksi, petugas medis akan membawa penumpang tersebut ke holding area atau area isolasi untuk diobservasi lebih lanjut. (Banu Adikara)

BERITA TERKAIT
Tags:
Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas