Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jadi Begal Motor Setelah Dipecat

Nasib sial dialami Agus Maulana (42) warga Cengkareng yang baru saja dipecat dari pekerjaannya sebagai petugas keamanan

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Jadi Begal Motor Setelah Dipecat
Wartakotalive.com/Wahyu Tri Laksono
Satreskrim Polres Jakarta Barat juga mengamankan 15 orang kawanan begal motor yang biasa beroperasi di Jakarta Barat 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Wahyu Tri Laksono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Nasib sial dialami Agus Maulana (42) warga Cengkareng yang baru saja dipecat dari pekerjaannya sebagai petugas keamanan di komplek Taman Palem.

Ia diringkus Satuan Reskrim Polres Metro Jakarta Barat bersama 15 orang lainnya yang tergabung sebagai kawanan begal jalanan. Pria yang mengaku ikut kawanan begal tersebut karena kepepet butuh uang untuk keperluan hidup tersebuta ditangkap di kawasan Teluk Naga, Jakarta Barat.

"Saya baru saja nganggur, karena dipecat dari petugas keamanan di perumahan Taman Palem. Baru sekitar sebulan ikutan eh malah ketangkep," ujar pria tersebut saat rilis di Polres Metro Jakarta Barat, Jumat (13/6/2014).

Ia mengaku berhasil membegal satu buah motor mio yang sudah dijualnya seharga 800 ribu. "Lumayan buat biaya hidup sehari-hari apalagi inikan mendekati bulan puasa, biaya hidup tinggi," ungkapnya.

Selain Agus Maulana, Satreskrim Polres Jakarta Barat juga mengamankan 15 orang lainnya, yakni Slamet Nuryono, Asep Supriadi, Heriyanto, Dincu Saputra, Andi Susandi, Yudika, Martin Wijaya, Ali Husaini, SS (25), YAP (19), SA (22), RS (28), SUT (30), dan NF.

Beberapa diantaranya merupakan pemain lama yang sudah malang melintang dengan berbagai modus. Menurut Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Hengki Haryadi mengatakan belasan pelaku yang notabene pemain lama tersebut melakukan pepet rampas dengan senjata api dan tajam. Selain itu, kawanan ini beberapa kali juga mencuri motor yang sedang di parkir areal menggunakan kunci T.

"Mereka juga tak segan melukai korbannya, yakni yang terjadi di Kalideres, korbannya ditusuk menggunakan senjata tajam," kata Hengki.

Lanjut Hengki, belasan pelaku yang tertangkap merupakan kawanan dari berbagai kelompok begal, yakni kelompok lokal Jakarta-Bogor dan Lampung Tengah. Hasil pengembangan satu diantaranya juga melakukan pencurian mobil. "Hasil tangkapan ini merupakan hasil kerjasama dengan 8 Polsek yang berada di Jakarta Barat," ujarnya.

Dari tangan kawanan yang berusia antara 18-45 tahun itu polisi mengamankan barang bukti 10 unit motor, dan 4 buah kunci letter T. Berikut STNK dan berbagai jenis senjata tajam (celurit, golok, arit) yang digunakan saat beraksi.

Diberitakan sebelumnya, beberapa aksi kawanan begal sebulan terakhir di Jakarta Barat mengalami peningkatan drastis. Dan beberapa korbannya ada yang meninggal serta banyak yang mengalami luka yang cukup serius. Pada 4 Juni Nana karyawan pabrik tewas oleh kawanan begal di Kalideres.

Pada 6 Juni Polsek Taman Sari menangkap 9 orang kawanan begal yang beroperasi di Taman Sari dan sekitarnya. 9 anggota kawanan ini tidak segan-segan melukai korbannya. Kemudian pada 10 Juni Polsek Metro Kalideres baru saja menembak satu dari lima kawanan begal yang biasa beraksi di Kalideres. Puncaknya pada 13 Juni ini ditangkap 16 orang dari kawanan Begal berbagai kelompok.

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas