Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Uji Coba ERP Dilaksanakan Pertengahan Juli

"Iya pertengahan Juli baru dimulai penerapan sistem ERP. Ngga mundur kok, kan masih Juli," tutur Akbar.

Editor: Rendy Sadikin
zoom-in Uji Coba ERP Dilaksanakan Pertengahan Juli
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Papan proyek pengerjaan penggalian utilitas electronic road pricing (ERP) terpasang di depan Bank Panin, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (4/6/2014). Pemasangan papan tersebut untuk ujicoba pelaksanaan sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) dan nantinya akan dipasang gate sensor on board unit (OBU). Warta Kota/angga bhagya nugraha 

Laporan Wartawan Warta Kota, Bintang Pradewo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Uji coba penerapan jalan berbayar atau kerap disebut Electronic Road Pricing (ERP) yang direncanakan dilaksanakan pada awal bulan Juli 2014 mendatang terancam mundur.

Pasalnya, hingga kini, Senin (30/6) gerbang atau gate dari ERP belum terpasang di depan Gedung Bank Panin, Jalan Jenderal Sudirman, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Muhammad Akbar menjelaskan bahwa uji coba penerapan ERP baru akan dilaksanakan pada pertengahan Juli 2014 mendatang. Dia mengklaim bahwa tidak ada kemunduran jadwal karena masih berada di bulan Juli 2014.

"Iya pertengahan Juli baru dimulai penerapan sistem ERP. Ngga mundur kok, kan masih Juli," tutur Akbar di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (30/6).

Mantan Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta menjelaskan bahwa saat uji coba ERP baru satu gerbang yang digunakan yaitu di depan Gedung Bank Panin. Hal ini dikarenakan hanya untuk mengetes apakah kendaraan yang dipasang On Board Unit (OBU) terdeteksi oleh gerbang ERP.

"Ini masih uji coba ERP dan belum ada pembayaran tarif-tarif. Ada 50 mobil yang akan dipasang OBU dan ditentukan Dishub dengan pihak PT Kapsch," katanya.

BERITA TERKAIT

Dia menambahkan bahwa untuk jalur dari Jalan jendral Sudirman menuju Jakarta Kota atau sebaliknya akan ada 33 gerbang ERP. Hal ini dilaksanakan agar kendaraan yang datang dari sisi samping jalan masih terdeteksi oleh gerbang ERP. "Rencananya kalau sudah permanen baru jadi 33 gate," singkatnya.

Pada bulan Agustus, kata Akbar, uji coba ERP untuk jalur Kuningan menuju Ragunan akan mulai dilaksanakan. PT Q-Free adalah pelaksana dalam uji coba ERP di Kuningan. "Mudah-mudahan Itu sekitar Agustus. Kalau yang Kuningan itu dari Q-Free," pungkasnya.

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas