Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Unas Mendadak Periksa Urine dan Rambut Mahasiswanya

Sidak ini merupakan kelanjutan dari penemuan narkoba di lingkungan kampus beberapa waktu lalu.

Editor: Rendy Sadikin
zoom-in Unas Mendadak Periksa Urine dan Rambut Mahasiswanya
Kompas.com
Tulisan di pagar depan Kampus UNAS yang berisikan pengumuman bahwa mahasiswa diliburkan setelah adanya penggeladahan narkoba oleh polisi, Kamis (14/8/2014). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk menghindari penyalahgunaan narkoba di lingkungan kampus, Universitas Nasional (Unas) menggelar sidak pemeriksaan narkoba untuk seluruh civitas akademikanya, Selasa (16/9/2014).

"Ini adalah acara rutin yang dilakukan kampus, satgas anti narkoba kampus dan BNN," kata Dian Metha Ariyanti, Kepala Humas Universitas Nasional kepada Kompas.com, Rabu (16/9/2014).

Metha mengatakan sidak narkoba ini dilakukan dengan cara tes urin dan pemeriksaan rambut. Sidak ini merupakan kelanjutan dari penemuan narkoba di lingkungan kampus beberapa waktu lalu.

Oleh karenanya, pemeriksaan ini dilakukan secara diam-diam atau silent operation. "Kalau jadwalnya dikasih tahu, nanti banyak yang enggak mau ikut," katanya.

Mekanisme pelaksaanannya akan dilakukan di tiap kelas. Semua mahasiswa di tiap kelas ini diwajibkan untuk menjalani tes narkoba. Tes ini dimulai pukul 08.00-12.00 WIB.

"Tesnya sebenarnya diprioritaskan untuk mahasiswa di semester 3 ke atas," ujarnya.

"Kalau mahasiswa baru kan mereka sudah menjalani rangkaian tes, termasuk tes narkoba sebelum jadi mahasiswa baru. Tapi mereka tetap akan diperiksa," ujarnya.

BERITA TERKAIT
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas