Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sistem ERP Diharapkan Dapat Kurangi Kemacetan di Jakarta

sistem Electonic Road Pricing (ERP) diharapkan dapat mengurangi kemacetan

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
zoom-in Sistem ERP Diharapkan Dapat Kurangi Kemacetan di Jakarta
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Gerbang pembaca sitem Electronic Road Pricing terpasang di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (15/7/2014). Dinas Perhubungan DKI Jakarta, menguji coba memasang On Board Unit (OBU) di salah satu mobil untuk melihat kinerja perangkat. Warta Kota/angga bhagya nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menerapkan sistem Electonic Road Pricing (ERP) dengan harapan dapat mengurangi kemacetan dan mengalihkan pengendara mobil ke angkutan umum

"Dengan ERP diperkirakan arus lalu lintas, misalnya di Jalan HR Rasuna Said dapat berkurang 20 sampai 30 persen," kata Kepala Dishub, Muhammad Akbar, di Anomali Coffee, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (30/9/2014).

Menurut Akbar, idealnya kendaraan yang melintasi satu jalur di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, sebanyak 1.500 kendaraan per jam. Namun, saat ini jumlah kendaraan yang melintas per jam-nya sebanyak 1.800 lebih.

Dengan sistem ERP tersebut, kata Akbar, pengendara mobil akan dikenakan biaya yang dinamis sesuai dengan kondisi jalan tersebut. Jika jalan masih mengalami kemacetan, maka biayanya lebih mahal.

"Kalau nanti jalanan tidak macet, biayanya akan turun, misalnya dari Rp 40 ribu sekali masuk, diturunkan menjadi Rp 35 ribu," ujarnya.

Lebih jauh dia mengatakan, biaya ERP tersebut hanya dikenakan untuk pengendara mobil saja, sehingga kendaraan umum seperti bus kota, taksi dan lainnya tidak dikenakan biaya tersebut.

"Nanti kita kaji lagi, kendaraan-kendaraan apa saja yang dikecualikan, misalnya kan ambulan, pemadan kebakaran, mobil pejabat," katanya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas