Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mendagri Ingin Pelantikan Gubernur Kembali ke Era Bung Karno

Tjahjo Kumolo mengatakan pemerintah ingin Gubernur kembali dilantik oleh Presiden, seperti era Presiden pertama Indonesia Soekarno

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Mendagri Ingin Pelantikan Gubernur Kembali ke Era Bung Karno
KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES
Basuki Tjahaja Purnama mengucapkan sumpah jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (19/11/2014). Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dilantik menjadi gubernur untuk sisa masa jabatan 2012-2014 menggantikan Joko Widodo. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan pemerintah ingin Gubernur kembali dilantik oleh Presiden, seperti era Presiden pertama Indonesia Soekarno yang melantik Ali Sadikin dan Henk Ngantung.

"Pengalaman era Bung Karno Pak Ali Sadikin dan Henk Ngantung dilantik oleh Presiden, Gubernur DIY dilantik oleh Presiden," ujar Tjahjo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (19/11/2014).

Tjahjo mengatakan selama ini pelantikan Gubernur dilakukan di DPRD, meski pelantikan itu sendiri menggunakan Keputusan Presiden (Keppres) sebagai landasan hukum pelantikannya.

Selain itu, Tjahjo melihat seorang Gubernur merupakan tangan kanan seorang Presiden. Melihat hubungan tersebut, maka Tjahjo menilai ada baiknya Presiden yang melantik dan mencopot seorang Gubernur.

"Gubernur tangan kanan Presiden, maka Keppres yang mengeluarkan Presiden, maka lebih baik presiden yang melantik seorang Gubernur," kata Tjahjo.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas