Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Misa Malam Natal di Gereja Katedral Jakarta Aman dan Lancar

Umat nasrani mengikuti misa malam Natal di Gereja Katedral Jakarta, Rabu (24/12/2014).

Penulis: Rahmat Patutie
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Misa Malam Natal di Gereja Katedral Jakarta Aman dan Lancar
Tribunnews.com/Glery Lazuardi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rahmat Patutie

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Umat nasrani mengikuti misa malam Natal di Gereja Katedral Jakarta, Rabu (24/12/2014).

Acara itu berlangsung dengan aman dan lancar.

Misa Natal yang mengambil tema "Berjumpa dengan Allah dalam keluarga" ini telah selesai digelar sebanyak 3 kali, yakni sejak mulai pukul 17.00 WIB, 19.30 WIB, dan terakhir 22.00 WIB.

Sebelum para jemaat melakukan ibadah Misa pada sesi pertama, Gereja itu melakukan konser pembukaan Misa Malam Natal yang diisi oleh paduan suara dari Gereja Katedral.

Saat itu pun jamaat sudah memadati pelataran Gereja. Pun demikian, prosesi misa berjalan khidmat dan tenang hingga selesai sekitar pukul 19.30 WIB.

Ketua Koordinator Keamanan dan Humas Keuskupan Agung Thomas Bambang menyebutkan, per pukul 17.00 WIB saja, jumlah jamaat yang datang sudah mencapai 5.500 orang.

BERITA TERKAIT

Ia mengatakan, pihaknya telah menyediakan 4.500 tempat duduk, di antaranya 900 di Katedral, 2.500 di tenda depan, 500 di belakang dan 600 di atas.

Sementara sekitar pukul 22.00 WIB malam, terlihat para jamaat berbondong-bondong terus berdatangan. Pantauan di lokasi, sejak siang hingga malam, pihak panitia Gereja tak luput melakukan keamanan khusus. Panitia harus memeriksa terlebih dahulu setiap barang seperti tas yang dibawa para jamaat. Yaitu mulai dari stand tepatnya dekat pintu masuk sisi kiri dan kanan.

"Kami sudah melaksanakan dengan sistem satu pintu masuk dan satu pintu keluar, setiap umat diberikan pemeriksaan," ujar Thomas.

Adapun sejak pukul 13.00 WIB siang, pihak gereja sudah melakukan stresilisasi penyisiran beberapa barang, mulai dari dalam Gereja, tenda, dan ruang-ruang pertemuan tidak ada hal-hal yang mencurigakan.

Umat beragama kristiani akan merayakan hari besarnya, atau Hari Natal yang akan jatuh hari Kamis (25/12/2014) besok.

Adapun untuk Misa Hari Natal pada besok, ada 5 kali misa. Mulai pukul 06.00, lalu 07.30. Kemudian, pukul 09.00 Misa Pontifikal akan dipimpin langsung oleh Uskup Agung Jakarta. Selanjutnya, pukul 11.00 WIB ada misa Natal keluarga dan anak-anak. Terakhir, misa pukul 18.00 WIB.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas