Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Uskup Agung Jakarta Serukan Cinta Kasih Wujudkan Keluarga Ideal

Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo mengatakan tema Natal tahun ini memiliki pengertian yang sangat dalam.

Penulis: Randa Rinaldi
Editor: Rendy Sadikin
zoom-in Uskup Agung Jakarta Serukan Cinta Kasih Wujudkan Keluarga Ideal
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Umat Kristiani tengah beribadah misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Kamis (25/12/2014). Natal tahun ini mengangkat tema berjumpa dengan Allah dalam Keluarga ini berlangsung Khidmat. WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perayaan Natal tahun ini mengambil tema "Berjumpa dengan Allah dalam Keluarga." Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo mengatakan tema Natal tahun ini memiliki pengertian yang sangat dalam.

"Saya pribadi mengajak umat Kristiani untuk terlibat dalam unsur kontemplasi dan kecerdasan yang terasah," kata Ignatius di Gereja Katedral, Jakarta, Kamis (25/12/2014).

Unsur kontemplasi yang dimaksud yaitu adanya hati nurani yang jernih dalam melaksanakan sesuatu. Sementara, kecerdasan terasah dalam memaknai suatu tindakan dilakukan dengan budi yang luhur.

Ia berpendapat, budi yang luhur akan berdampak kepada keterlibatan umat dalam masyarakat.

Tema Natal diharapkan bisa diresapi oleh keluarga umat Kristiani untuk mewujudkan cinta kasih yang saling menghargai, bahagia dan terciptanya keluarga yang ideal.

Namun, Ignatius mengatakan kehidupan keluarga masih banyak hidup secara tidak normal. "Misalnya banyak keluarga yang tinggal di daerah konflik seperti Irak dan ada keluarga yang tinggal di daerah bencana seperti Aceh dan Banjarnegara,"kata Ignatius.

Sebelumnya, Gereja Katedral telah menggelar empat misa pada hari ini. Misa ini dimulai sejak pukul 06.00 WIB yang dihadiri oleh ribuan jemaat. Sementara misa terakhir akan berlangsung pada pukul 18.00 WIB yang dipimpin oleh Romo Sigit Prasadja.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas