Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pohon Baobab Afrika Sudah Lama Ditanam di Waduk Ria Rio

Menurut Makmur, setelah penanaman pertama sudah lama tidak ada lagi pohon sejenis yang ditanam di taman tersebut.

Editor: Rendy Sadikin
zoom-in Pohon Baobab Afrika Sudah Lama Ditanam di Waduk Ria Rio
Warta Kota/Mohammad Yusuf
Pohon Baobab yang telah ditanam di Waduk Ria Rio. Dua pohon senilai Rp 1,5 miliar akan didatangkan untuk ditanam di taman waduk. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Keberadaan pohon Baobab (Adansonia digitata) asal Afrika seharga Rp750 juta, di Taman Waduk Ria Rio, Pulogadung, Jakarta Timur, ternyata sudah cukup lama.

Hal tersebut diungkapkan oleh Koordinator Keamanan Taman Waduk Ria Rio, Makmur (49). Menurut Makmur, setelah penanaman pertama sudah lama tidak ada lagi pohon sejenis yang ditanam di taman tersebut.

"Terakhir pas peresmian taman ini, sampai sekarang nggak ada lagi penanaman pohon. Makanya lihat saja, sekarang pohonnya sudah tumbuh besar, karena sudah lama ditanam," kata Makmur ditemui Warta Kota di taman tersebut, Jumat (30/1/2015).

Menurut Makmur, keberadaan taman tersebut menarik perhatian warga. Setiap harinya, sebanyak kurang lebih 50 warga pun selalu memanfaatkan taman tersebut.

"Biasanya warga sekitar atau dari beberapa wilayah. Ada juga pelajar yang sering ke sini. Kalau akhir pekan bisa sampai 100 orang yang ke sini," katanya.

Sementara, Jeny (20), salah satu warga Ramangun, mengatakan, keberadaan pohon Baobab itu memang terlihat beda. Namun ia juga menyayangkan jika memang harganya semahal itu.

"Kalau harganya sampai Rp750 juta, sayang juga hanya untuk pohon. Apalagi jumlahnya lebih dari satu," kata salah satu mahasiswa di Jakarta Timur ini.

BERITA TERKAIT

Apalagi, nantinya pohon tersebut, tidak tumbuh rindang. Hanya sebatas batang pohon yang besar. "Yang penting kan, taman itu butuh kerindangan. Nggak perlu pohon mahal," katanya.

Taman itu sendiri, diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, yang kala itu dijabat oleh Joko Widodo pada 26 September 2013 lalu.

Taman dilengkapi berbagai fasilitas, mulai dari bangku taman, pepohonan, hingga wi-fi gratis. Masyarakat bisa memanfaatkan taman itu, dari pukul 05.30 hingga pukul 18.00.(Mohammad Yusuf)

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas