Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Belum Ada Perintah, Modifikasi Cuaca Belum Dilakukan

Tri Handoko Seto mengungkapkan sejak awal Januari 2015 sudah diminta oleh BNPB untuk menyiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melaksanakan TMC

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Belum Ada Perintah, Modifikasi Cuaca Belum Dilakukan
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Seorang petugas tengah mengoperasikan GPG (Ground Particle Generator) sebuah alat untuk memodifikasi cuaca di atap gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta Pusat, Rabu (22/1/2014). Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) bersama BPPT memasang GPG di 8 lokasi yang tersebar di Bogor, Depok, Bekasi dan Jakarta untuk menghambat pertumbuhan awan sehingga menurunkan intensitas hujan. Warta Kota/angga bhagya nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pakar Meteorologi Tropis BPPT, Tri Handoko Seto mengungkapkan bahwa sejak awal Januari 2015  sudah diminta oleh BNPB untuk menyiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melaksanakan teknologi modifikasi cuaca (TMC). Oleh karenanya kami telah menyiapkan TMC sepanjang yang bisa kami siapkan.

“Namun karena belum ada perintah resmi, maka TMC urung terlaksana,” ujar Seto, Kamis (12/2/2015).

Ditegaskannya bahwa modifikasi cuaca jelas diperlukan. Melihat kemampuan daya dukung permukaan di Jakarta dan sekitarnya yang masih jauh lebih kecil daripada potensi hujan yang mungkin terjadi, maka TMC memang masih diperlukan.

Modifikasi cuaca, tambahnya, harus segera terlaksana. Menurut Seto dengan adanya modifikasi tersebut redistribusi curah hujan agar mengurangi potensi banjir di Jakarta.

"Sebaiknya segera dilakukan dalam beberapa hari ke depan ini,”tandasnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas