Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pelaku Bom ITC Depok Diduga Testing The Water

sangat mungkin pelaku yang meletakkan benda yang meledak atau meletup itu sedang melakukan uji coba atau testing the water.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Pelaku Bom ITC Depok Diduga Testing The Water
The Jakarta Post/The Jakarta Post/Doni Setiawan
Sejumlah petugas polisi tengah memeriksa lokasi terjadinya ledakan di pusat perbelanjaan ITC Depok Jawa Barat, Senin (23/2). Petugas masih melakukan penyelidikan dan identifikasi lokasi ledakan di lantai dua pusat perbelanjaan itu. Senin, 23/2/2015. (The Jakarta Post/Doni Setiawan) 

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK - Walau hanya ledakan kecil dan tidak menimbulkan kerusakan serta korban jiwa di toilet lantai II pusat perbelanjaan ITC Depok, di Jalan Margonda Depok, Senin (23/2/2015) petang, ahli Psikologi Forensik Reza Indragiri Amriel menilai polisi tidak boleh lengah dan menganggap remeh atas peristiwa itu.

Sebab kata Reza sangat mungkin pelaku yang meletakkan benda yang meledak atau meletup itu sedang melakukan uji coba atau testing the water.

"TKP memang tidak terasosiasi dengan sasaran spesifik. Namun ini bisa sebagai testing the water. Di mana menguji respon polisi dan reaksi publik," kata Reza kepada Warta Kota, Selasa (24/2/2015).

Menurut Reza, testing the water biasanya dilakukan sebelum pelaku akhirnya berencana melakukan aksi lanjutan.

Ia mengatakan jika respon polisi dan reaksi publik dianggap mendukung aksi mereka, maka pelaku bisa melakukan aksi lanjutan.

"Di mana melancarkan aksi dengan skala yang lebih besar. Apapun bentuk kejahatannya," kata Ketua Jurusan Psikologi Unoiversitas Bina Nusantara ini.

Menurut Reza, kepolisian perlu memanaskan kembali kesiapsiagaannya dengan segala aspek. "Misalnya mengaktifkan kembali nomor darurat. Lalu perbanyak patroli menggunakan sepeda kayuh dan sepeda motor. Jangan moge dan mobil," kata dosen di Universitas Tarumanegara dan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) ini.

BERITA TERKAIT

Intinya kata Reza, kedekatan polisi dengan masyarakat harus lebih diintensifkan lagi agar aksi-aksi seperti ini bisa dicegah.(bum)

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas