Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mandra Stress, Perusahaan Tak Jalan dan Punya Utang Rp 2 Miliar

Sekarang semua uangnya habis. Dan dia harus membayar cicilan Rp 42 juta per bulan

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Mandra Stress, Perusahaan Tak Jalan dan Punya Utang Rp 2 Miliar
Glery Lazuardi/Tribun Jakarta
Komedian Mandra Naih alias Mandra (49 tahun), memberikan keterangan sebagai saksi atas kasus korupsi paket proyek Program Siap Siar pada Stasiun TVRI Tahun Anggaran 2012 di Gedung Bundar JAM Pidsus di Kejaksaan Agung pada Rabu (25/2/2015) 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Theo Yonathan Simon Laturiuw

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mandra 'Si Doel' benar-benar sedang terpuruk. Dia tersangkut kasus korupsi dan terlilit utang Rp 2 Miliar.

Pengacara Mandra, Sonie Sudarsono, mengungkapkan hal itu kepada wartawan usai mendampingi Mandra diperiksa di Gedung JAMpidsus Kejaksaan Agung, Rabu (25/2/2015).

"Dia tidak stress, dia legowo," kata Sonie kepada wartawan.

Namun, Sonie mengaku perusahaan Mandra bernama PT Viandra Production memang sudah berhenti produksi sebelum 2012.

Makanya dia kemudian menjual film-film sisa miliknya ke TVRI saat ada tawaran ikut lelang tender Program Acara Siap Siar TVRI tahun 2012 lalu. Tapi itu justru membuatnya makin terpuruk. Dia tertipu, menurut pengacaranya. Mandra justru jadi korban.

"Sebab dia menjualnya lewat seorang broker," kata Sonie kepada wartawan. Dari situ ternyata ada manipulasi. Banyak dokumen-dokumen atas nama Mandra yang kemudian dipalsukan untuk meloloskan penjualan tersebut.

BERITA TERKAIT

Kemudian setelah uang cair, Mandra lagi-lagi diperdaya untuk membuat film oleh seorang broker di TVRI. Dan dijanjikan nantinya film itu akan dibeli oleh TVRI.

Semangat perusahaannya PT Viandra Production berproduksi lagi, Mandra nekad meminjam uang ke bank swasta. Dia meminjam Rp 2 Milliar untuk biaya produksi pada tahun 2013. Cicilannya yakni Rp 42 juta per bulan sampai dengan tahun 2018. Dia menjaminkan tanah dan bangunan kantor PT Viandra Production miliknya untuk jaminan di bank.

"Sekarang semua uangnya habis. Dan dia harus membayar cicilan Rp 42 juta per bulan," ucap Sonie kepada wartawan.

Namun Sonie menolak Mandra disebut bangkrut. Menurut Sonie Mandra masih punya sisa-sisa kekayaan dari apa yang Ia lakukan di PT Viandra Production sejak tahun 2003.

Pantauan Wartakotalive.com, saat menjalani pemeriksaan, Mandra kelihatan datang dengan sederhana. Dia menaiki mobil Toyota Rush. Didalamnya Mandra berjubel dengan istrinya dan lima orang lainnya. Mereka kelihatan duduk berdesakan.

Sekadar diketahui, Mandra tersangkut perkara korupsi Program Acara Siap Siar TVRI. Dia diduga mendapat penunjukan langsung oleh pejabat pembuat komitmen TVRI tanpa proses lelang tender. Padahal nilai total tender tersebut senilai Rp 47 milliar.

Mandra mendapat keuntungan sebesar Rp 1,6 Milliar dari hasil korupsi dalam perkara ini.

Tags:
Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas