Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wagub DKI dan Istri Ahok Resmikan Taman Pintar di Jaktim

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat bersama Ketua Tim Penggerak PKK DKI Veronica Tan, meresmikan taman pintar

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
zoom-in Wagub DKI dan Istri Ahok Resmikan Taman Pintar di Jaktim
Tribunnews.com/Seno
Veronica Tan, istri Gubernur DKI Jakarta saat meresmikan Taman Pintar di Jakarta Timur 

TRIBUNNEW.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat bersama Ketua Tim Penggerak PKK DKI Veronica Tan, meresmikan taman pintar yang terletak di Jalan Waringin No.25, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur, Sabtu (14/3/2015).

Taman yang seluas 3.104 meter persegi ini, terwujud berkat kerjasama Yayasan Dharmaranya Tuju Enam sebagai pengagas, bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan Pemerintah Provinsi DKI Jaya sebagai pemilik lahan.

Diana Fawzia selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Dharmaranya Tujuh Enam mengatakan, sebelumnya area ini dibiarkan kosong dengan pagar tinggi mengelilinginya dan berada di tengah-tengah pemukiman padat yang rawan konflik serta kerap digunakan sebagai tempat trasaksi narkoba dan pembuangan sampah.

Menurutnya, yayasan mempunyai mimpi melalui taman ini masyarakat bisa mencapai tujuh pintar, yaitu pintar di bidang lingkungan hidup, kesehatan, kewarganegaraan, budaya, pengembangan karakter, manajemen diri serta pintar berpikir.

"Tujuh pintar ini dicapai melalui berbagai kegiatan yang didukung oleh fasilitas di taman tersebut," ucap Diana.

Diana menjelaskan, taman pintar dilengkapi dengan jogging/walk track, healty track, arena bermain anak-anak, lapangan futsal, sebuah plaza, dua gazebo, kamar kecil, dan fasilitas cuci tangan. Selain itu, keunggulan lain dari taman pintar ini yaitu memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar sebagai resepan air dan mengurangi banjir.

"Selama tiga tahun yayasan, penprov DKI Jaya dan BNI untuk melakukan memelihara taman selama tiga tahun sejak diresmikan. Diharapkan setelah tiga tahun, keterlibatan yayasan, warga dapat mengambil alih peran pemeliharaan taman serta pengelolaan kegiatan sesuai kebutuhan mereka sendiri," tuturnya.

BERITA REKOMENDASI

Sementara itu, Djarot menambahkan, semoga taman pintar ini bisa menjadi tempat belajar anak-anak dalam berinteraksi dan dapat menularkan lokasi-lokasi ‎lainnya. "Ini ide yang luar biasa dan akan membuat warga menjadi pintar," ucap Djarot.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas