Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemendagri: RAPBD DKI Belum Berpihak Pada Rakyat

Kementerian Dalam Negeri menilai Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI belum menunjukkan keberpihakannya kepada rakyat.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Kemendagri: RAPBD DKI Belum Berpihak Pada Rakyat
KOMPAS.com/JESSI CARINA
Reydonnyzar Moenek 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menilai Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI belum menunjukkan keberpihakannya kepada rakyat.

Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri Reydonnyzar Moenek membandingkan anggaran perbaikan dan perawatan infrastruktur jalan senilai Rp 2,9 triliun jauh lebih rendah dibandingkan dengan anggaran belanja jasa perkantoran sebesar Rp 4,1 triliun.

"Seharusnya turunkan anggaran untuk jasa perkantoran, besarkan anggaran untuk perbaikan jalan," kata Reydonnyzar, dalam Rapat Klarifikasi Pengesahan RAPBD DKI tahun 2015 di Gedung F Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Kamis (2/4/2015).

Pria yang akrab disapa Donny ini mengatakan seharusnya Pemprov DKI Jakarta merevisi sejumlah mata anggaran sebelum RAPBD itu dikembalikan kepada Kemendagri pada 10 April 2015.

Dikatakannya, evaluasi yang dilakukan Kemendagri terhadap rincian APBD DKI tahun 2015 sebesar Rp 72,09 triliun agar anggaran DKI mencerminkan semangat nawa cita pemerintahan Presiden Jokowi dan Jusuf Kalla.

"Kita evaluasi efektivitas, efisiensi, kepatutan, kewajaran, rasionalitas serta asas manfaatnya," ucap Donny.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas