Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Buruh Besok Kawasan Sudirman-Thamrin Bebas Kendaraan

Aparat kepolisian dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menetapkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada Hari Buruh 1 Mei 2015 besok.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Hari Buruh Besok Kawasan Sudirman-Thamrin Bebas Kendaraan
TRIBUNNEWS.COM/Adi Suhendi
Situasi di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin(20/4/2015). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aparat kepolisian dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menetapkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada Hari Buruh 1 Mei 2015 besok.

Konsep HBKB ini sama seperti car free day, dimana kendaraan bermotor tidak dapat melintas di area tersebut. Jalan hanya diperuntukkan bagi buruh yang menggelar aksi.




Penutupan jalan dilakukan mulai pukul 06.00 WIB hingga 13.00 WIB. Arus lalu lintas akan kembali normal setelah salat Jumat.

"Ini prioritas untuk kegiatan buruh," ujar Kasubdit Pendidikan dan Rekayasa Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Warsinem, saat dihubungi, Kamis (30/4/2015).

AKBP Warsinem mengatakan, ribuan buruh datang ke Jakarta dari tiga titik yaitu kawasan industri Cakung, Bekasi, dan Tangerang. Massa dari berbagai organisasi buruh itu berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia.

Kemudian, buruh menuju Monas untuk melakukan orasi. Setelah itu, sebagian massa akan bertolak ke istana untuk melanjutkan orasi. Sementara, sebagian yang lain bergerak menuju ke Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk konser musik.

BERITA TERKAIT

"Kemungkinan, buruh akan salat Jumat di sekitar Monas dan istana atau di Senayan," tambahnya.

Selain menggelar aksi di ruas Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, hingga Jalan Medan Merdeka, untuk titik aksi lainnya seperti gedung DPR RI dan kantor Kemenakertrans, di Jalan Gatot Subroto, penutupan lalu lintas situasional.

Warsinem menjelaskan, misalnya di depan kantor Kemenakertrans kendaraan dari Kuningan diluruskan ke Mampang. Begitu juga dari Semanggi akan dibelokkan ke Mampang atau ke Kuningan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas