Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

"Sudah Bertahun-tahun Saya Jual Beras, Masa Gara-gara Beras Plastik Gulung Tikar"

Ia juga khawatir bila ada beras plastik yang masuk ke kiosnya, kepercayaan pelanggan akan hilang begitu saja.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Seorang petugas Badan POM Kota Bandung melakukan tes klorin terhadap sejumlah sample beras saat melakukan razia dan inspeksi mendadak (sidak) di gudang penyimpanan beras di Jalan Jamika, Kota Bandung, Kamis (21/5/2015). Razia yang dilakukan tim gabungan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan) Kota Bandung bersama Disperindag dan Badan POM Kota Bandung itu sekaligus untuk mencari keberadaan beras sintetis yang beberapa hari terakhir ini meresahkan masyarakat. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah pengunjung Pasar Kebayoran Lama mengaku kesulitan membedakan beras plastik dengan beras normal. Terlebih, saat harus buru-buru berbelanja untuk keperluan lain.

"Baru pertama nih ada kabar beras plastik. Ya kita kan enggak bisa bedain langsung. Jadi percaya saja sama yang jual beras. Lagipula kita udah langganan lama beli beras di sini sama pedagang-pedagang di pasar sini," kata Yeti, salah satu pengunjung Pasar Kebayoran Lama, pada Selasa (26/5/2015).

Tapi ternyata, salah satu pedagang pasar yang mendengar Yeti langsung menimpali dengan sejumlah tips.

"Ibu perhatiin aja warnanya. Kalau beras asli warnanya putih agak coklat-coklat. Kalau beras plastik bening. Beras plastik juga kalau diraba lebih licin teksturnya," kata Anwar, salah satu penjual beras di pasar tersebut.

Anwar mengaku mendapat tips itu dari informasi yang dia baca di media online. Saat pertama kali mendengar adanya beras plastik beredar di Jabodetabek, Anwar langsung penasaran.

Sebab, ia tidak ingin beras yang dijualnya tercampur dengan beras plastik. Ia juga khawatir bila ada beras plastik yang masuk ke kiosnya, kepercayaan pelanggan akan hilang begitu saja.

"Sudah bertahun-tahun jual beras masa gara-gara beras plastik nanti kita gulung tikar. Mending kita antisipasi dulu makanya saya rajin-rajin tanya tips dan baca berita beras plastik," tutur Anwar.

BERITA TERKAIT

Penulis: Aldo Fenalosa

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas