Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ada 13 Tokoh Populer di Jakarta, Ahok Nomor Satu

Dari 13 tokoh itu, nama Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama berada di posisi teratas dengan persentase 99,3 persen.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Ada 13 Tokoh Populer di Jakarta, Ahok Nomor Satu
KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ada 13 orang tokoh dari berbagai kalangan dan latar belakang yang memiliki popularitas tinggi di Jakarta.

Menurut lembaga survei Pusat Data Bersatu (PDB), ketiga belas tokoh ini memiliki potensi untuk mencalonkan diri menjadi Gubernur Jakarta dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2017.

Dari 13 tokoh itu, nama Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama berada di posisi teratas dengan persentase 99,3 persen.

Selain Ahok, ada nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Haji Lulung, Najwa Shihab, Rieke Diah Pitaloka, Tantowi Yahya, Fauzi Bowo, Djarot Syaiful Hidayat, Anis Matta, Ganjar Pranowo, Bima Aria dan Sandiaga Uno.

"Tokoh paling populer saat ini adalah Ahok 99,3 persen, Foke (Fauzi Bowo) 95 persen, dan diikuti oleh Tantowi Yahya 91,5 persen. Namun tidak semua tokoh populer disukai oleh publik DKI Jakarta," kata Senior Researcher PDB, Agus Herta, Jumat (26/6/2015) petang di Jakarta.

Dari survei tersebut yang dilakukan PDB pada akhir Mei 2015, hanya ada 3 tokoh yang layak bertarung di Pilgub DKI 2017. Sebab tidak semua tokoh memiliki nilai elektabilitas yang potensial.

Hanya ada 3 tokoh yang layak karena elektabilitasnya, yaitu Ahok dengan angka 35,8 persen, Risma dengan 18,5 persen, dan Ridwan Kamil dengan 11,1 persen.

BERITA TERKAIT

Survei PDB sendiri dilakukan secara telepolling menggunakan instrumen wawancara melalui telepon mulai tanggal 26 Mei hingga 1 Juni 2015.

Dalam survei itu, responden dipilih secara acak dengan menggunakan sampel 422 orang yang mewakili masyarakat DKI Jakarta.

PDB memberikan sejumlah pertanyaan tertutup pada setiap responden untuk sejumlah topik, termasuk terkait kinerja pemerintahan Ahok, tokoh-tokoh populer untuk pilgub DKI, serta elektabilitas tokoh-tokoh tersebut. PDB mengklaim margin of error metode ini hanya sekitar 4,8 persen dengan tingkat ketepatan 95 persen.(Aldo Fenalosa)

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas