Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jaringan Listrik Tua, Bandara Soekarno Hatta Rawan Kebakaran

Kebakaran terjadi di JW Sky Lounge Terminal 2E Bandara International Soekarno-Hatta, Minggu (5/7/2015) pagi.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Jaringan Listrik Tua, Bandara Soekarno Hatta Rawan Kebakaran
Warta Kota/Ichwan Chasani
Terminal II Bandara Soekarno Hatta (Soetta) terbakar. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kebakaran terjadi di JW Sky Lounge Terminal 2E Bandara International Soekarno-Hatta, Minggu (5/7/2015) pagi.

Kebakaran diduga terjadi karena korsleting listrik.

Koordinator Gerakan Rakyat Anti Manipulasi BUMN, Andianto, mengatakan kebutuhan listrik bandara International Soekarno-Hatta belum pernah dilakukan penambahan daya sejak 1984. Sejalan keinginan melakukan penambahan daya kejanggalan menyelimuti proyek pengadaan.

"Akibat, blackout listrik bandara berdampak aliran listrik putus total dan kebakaran. Hubungan antara pihak bandara dan pesawat mendarat dan terbang terputus," ujar Andianto di Jakarta, Senin (6/7/2015).

Menurut Andianto, peristiwa tersebut berbahaya dan mengancam keselamatan penerbangan, terutama nyawa penumpang.

Hal ini karena jaringan listrik bandara kurang memadai, sehingga antara pesawat satu dan lainnya saling bertabrakan dan hangus terbakar.

Sementara itu, Ketua Komisi VI Ahmad Hafisz Tohir mengatakan pentingnya pengembangan kapasitas dan jaringan listrik di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Keberadaan proyek tersebut harus ditingkatkan.

BERITA TERKAIT

"Komisi VI setuju dalam rangka mengamankan airport yang punya pengamanan tinggi dan bahaya jika black out sering terjadi," ujarnya.

Oleh karena itu, anggota Komisi VI, Lili Asdjudiredja meminta kepada PT Angkasa Pura memperhatikan kualitas pemenang tender supaya tidak terjadi kesalahan penunjukan. Sebab, ini menyangkut keselamatan banyak orang yang menggunakan transportasi udara.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas