Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kali Opak Dikeruk Setelah Lebaran

Pengerukan dilakukan guna meminimalisir bencana banjir yang selalu menghantui warga sekitar.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Kali Opak Dikeruk Setelah Lebaran
Warta Kota/Andika Panduwinata
Kali Opak 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kali Opak yang berada di wilayah RW 01 Kelurahan Tambora, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat rencananya mulai tahun ini akan dilakukan pengerukan.

Pengerukan dilakukan guna meminimalisir bencana banjir yang selalu menghantui warga sekitar.

"Habis lebaran kayaknya mulai dikeruknya," ujar Lurah Tambora, Dwi Kurniasih kepada Wartakotalive.com pada Senin (6/7/2015) pagi.




Pemprov DKI Jakarta rencananya akan melakukan pengerukan agar Kali Opak tak lagi mengalami pendangkalan yang cukup parah.

Kali tersebut tak pernah dikeruk sehingga endapan lumpur menggunung membuat kali menjadi dangkal.

"Bagus lah selama ini kan Kali Opak yang jadi masalah di Kelurahan Tambora. Kami sih maunya segera dikeruk dan dirapikan supaya wilayah jadi bersih dan mengurangi banjir," ucapnya.

Hal senada disampaikan Camat Tambora, Mursidin yang mengungkapkan bahwa pada tahun ini Kali Opak akan dilakukan pengerukan.

BERITA TERKAIT

Namun pihaknya belum mengetahui secara pasti kapan pengerukan tersebut mulai direalisasikan.

"Semua ada di Dinas Tata Air, saya dapat informasi dari Dinas Tata Air, rencananya memang tahun ini akan dikeruk," kata Mursidin.

Maryam (55) satu dari warga yang berada di bantaran Kali Opak menuturkan kali tersebut sedari zaman pemerintahan koloneal Belanda tidak mengalami pengerukan hingga sampai saat ini.

Banyak lumpur dan sampah di kali membuat daerahnya kerap kali dilanda banjir dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

"Kali ini memang enggak dikeruk - keruk, mungkin lokasi kalinya enggak berada di pinggir Jalan Raya yang banyak dilalui warga, jadinya enggak pada tahu. Padahal kalau hujan bentaran pasti banjir. Gatel - gatel airnya masuk ke rumah," imbuh Maryam.

Pihak Kelurahan dan warga setempat pun selalu menggelar kerja bakti untuk membersihkan di sekitar Kali Opak.

Tapi warga dan pihak Kelurahan tak mampu untuk melakukan pengerukan, lantaran membutuhkan anggaran dan alat berat demi pendalaman di Kali Opak itu. (Andika Panduwinata)

Tags:
Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas