Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kholil: Kami Siap Direlokasi Asal Polisi Tidak Tembaki Kami

Kiai Kholil mengatakan seluruh warga Kampung Pulo sudah siap untuk direlokasi, asalkan tidak ada tembakan polisi ke arah warga.

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Kholil: Kami Siap Direlokasi Asal Polisi Tidak Tembaki Kami
KOMPAS.com/Robertus Bellarminus
Warga Kampung Pulo berhadap-hadapan dengan petugas. Bentrokan singkat pecah di Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur. Kamis (20/8/2015) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Amriyono Prakoso

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perwakilan warga Kampung Pulo, Kiai Kholil mengatakan seluruh warga Kampung Pulo sudah siap untuk direlokasi, asalkan tidak ada tembakan polisi ke arah warga.

Menurut Kholil, seluruh warga di RW 3 Kampung Pulo, Jakarta Timur, sudah disosialisasi sejak lama dan sudah diberi pengertian. Sehingga terjadinya bentrokan dapat dihindarkan.

"Polisi dan aparat yang mulai terlebih dahulu. Kami terpancing, padahal tadi dapat dikendalikan," ujarnya saat ditemui wartawan di Kampung Pulo, Jakarta Timur, Kamis (20/8/2015).

Lebih lanjut, Kholil mengatakan akan membawa penggusuran ini ke dalam ranah hukum, karena menurutnya, tindakan preventif dari pihak kepolisian sudah tidak manusiawi.

"Kami sudah persilakan datang, ada tamu mau menggusur rumah kami. Kami akan lakukan prosedur hukum untuk melawan ini," tambahnya.

Beberapa warga Kampung Pulo lainnya, mengatakan ketidaksetujuannya untuk dipindah ke Rusun yang disediakan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta. Menurut mereka, harus ada penggantian rugi terlebih dahulu dan warga akan pindah.

BERITA TERKAIT

Hingga saat ini, satu buah alat berat sudah diturunkan dan sedang melakukan penggusuran di wilayah RW 3 Kampung Pulo, Jakarta Timur. Sedangkan polisi berpakaian lengkap masih terus berjaga di sepanjang jalan Jatinegara barat.

Menurut informasi yang dihimpun, tidak ada perlawanan warga di dalam area penggusuran dan hingga berita ini ditulis, arus lalu lintas di Jalan Jatinegara Barat masih ditutup menunggu untuk relokasi selesai.

Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas