Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pesan Jokowi ke Ahok Sebelum Penertiban Kampung Pulo

"Kalau nggak ada rusun (rumah susun), jangan dorong (gusur) dulu," ucap Ahok mengutip pernyataan Jokowi.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Pesan Jokowi ke Ahok Sebelum Penertiban Kampung Pulo
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Alat berat tengah menghancurkan rumah penduduk Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (20/8/2015). Sempat ada perlawanan dari warga, akhirnya alat berat bisa melakukan eksekusi penertiban bangunan di kawasan itu. Warta Kota/angga bhagya nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku telah mengikuti prosedur dengan benar terkait penertiban di Kampung Pulo, Jakarta Timur.

Sebelum penggusuran, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), juga sempat berpesan kepada Ahok.

"Kalau nggak ada rusun (rumah susun), jangan dorong (gusur) dulu," ucap Ahok mengutip pernyataan Jokowi.

Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, (21/8/2015), mengatakan ia telah menuruti apa yang diinginkan warga. Saat banjir, segala bantuan telah diberikannya untuk warga Kampung Pulo.

"Baju dalemannya saya ganti, celana dalam kita beliin, sampai semua perlengkapan dapur, sampai kulkas, sampai TV, nggak ada di dunia ini, yang lakukan semanusiawi ini," jelas pria berusia 49 tahun ini.

Sebelum penggusuran terjadi, warga Kampung Pulo sempat menuntut untuk ganti rugi. Hal itu membuat Ahok heran, karena bangunan mereka adalah bangunan tak berizin milik negara.

"Kalo turuti ganti rugi, bisa bangkrut DKI (Jakarta). Bangunan di atas lahan negara, dan nggak punya izin, bisa bangkrut kita. Sekarang bisa bayangin nggak, orang bangun di atas lahan negara? Nyewa-nyewain rumah, terus kita ganti? Kalo itu memang tanah dia, mereka berhak nuntut kami," tutup mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas