Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pembongkaran Permukiman di Kampung Pulo Sudah Selesai

Hampir seluruh rumah-rumah yang dulunya menyesaki sisi timur Kali Ciliwung sudah rata dengan tanah

Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Pembongkaran Permukiman di Kampung Pulo Sudah Selesai
Kahfi Dirga Cahya/KOMPAS.com
Alat berat jenis amfibi dikerahkan untuk penertiban di Kampung Pulo, Sabtu (22/8/2015). 

Tribunnews.com, Jakarta - Hampir seluruh rumah-rumah yang dulunya menyesaki sisi timur Kali Ciliwung sudah rata dengan tanah. Puing-puing sisa pembongkaran terhampar di wilayah ini.

"Pembongkaran sebenarnya relatif sudah selesai," ujar Pelaksana Lapangan Proyek Normalisasi Kali Ciliwung, Asep Sopian, di Jalan Jatinegara Barat, Senin (24/8/2015).

Akan tetapi, alat-alat berat masih tersedia di kawasan Kampung Pulo ini. Pantauan Kompas.com warga yang tidak terkena pembongkaran berjalan lalu-lalang di antara puing-puing.

Untuk sementara, permukiman yang berada di sisi barat, masih menunggu giliran pembongkaran beberapa bulan lagi. Mereka masih santai beraktivitas seperti biasa. Bahkan, salah seorang warga tampak mandi di pinggir kali.

Pembongkaran kawasan Kampung Pulo sudah dilakukan sejak Kamis (20/8/2015). Pada hari pertama pembongkaran tersebut, suasana berlangsung ricuh. Bentrokan terjadi setelah negosiasi antara warga dan petugas gagal mencapai kesepakatan.

Suasana di Kampung Pulo menjadi mencekam pada waktu itu. Warga dan petugas terlibat bentrok di jalan. Gas air mata ditembakkan oleh petugas. Batu-batu beterbangan. Jalan pun ditutup total akibat kericuhan tersebut. (Jessi Carina)

BERITA TERKAIT
Tags:
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas