Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Asap Kebakaran Hutan Mulai Tutupi Langit Jakarta

Sebaran asap dari kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan terus meluas

Editor: Sanusi
zoom-in Asap Kebakaran Hutan Mulai Tutupi Langit Jakarta
Amriyono Prakoso/Tribunnews.com
Kondisi Langit Jakarta di kawasan Monas pada Minggu (25/10/2015) pagi. BMKG mengabarkan partikel kecil kabut asap dari Sumatera dan Kalimantan terlah terbawa hingga Utara Jawa, termasuk Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebaran asap dari kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan terus meluas. Kini asap telah terlihat menutupi langit Jakarta.

"Sesungguhnya, asap tipis yang menutup langit Jakarta sudah berlangsung sejak Jumat (23/10/2015) hingga sekarang. Partikel halus dari asap tipis ini melayang di atmosfer pada ketinggian sekitar 1.000-3.000 meter."

Hal itu dikatakan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (25/10/2015).




Pada pagi hari, kata dia, asap kelihatan lebih tebal karena bercampur dengan kabut atau uap air.

Kendati demikian, masyarakat tidak ada yang perlu khawatir dengan adanya sebaran asap tipis dari kebakaran hutan dan lahan tersebut.

"Sifatnya temporer, yang mudah berubah setiap saat bergantung pada arah dan kecepatan angin. Kualitas udara di Jakarta saat ini masih normal hingga sedang. Justru asap kendaraan bermotor yang lebih berbahaya bagi kesehatan," ucap Sutopo.

Berdasarkan pantauan satelit Himawari dari BMKG pada Minggu pukul 08.30 WIB, kata dia, lebih dari tiga perempat wilayah Indonesia tertutup asap tipis hingga tebal.

BERITA TERKAIT

Hanya Jawa Tengah, DIY, sebagian Jawa Timur, NTT, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan bagian utara Papua saja yang tidak tertutup asap. (Ihsanuddin)

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas