Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ahok Usul UMR Jawa dan Bali Sama Rata

Dalam waktu dekat, mantan Bupati Belitung Timur itu mengaku akan bertemu lembaga eksekutif dan legislatif di tiap daerah Jawa dan Bali

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Ahok Usul UMR Jawa dan Bali Sama Rata
TRIBUNNEWS/TRIBUNNEWS/LENDY RAMADHAN

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengusulkan penyamarataan Upah Minimum Regional di wilayah Jawa dan Bali. Ini dilakukan untuk memperkecil kesenjangan sosial.

"Jadi, kami berpikir, ada upah minimum nasional atau regional," tutur Ahok kepada wartawan di JIExpo Kemayoran, Sabtu (7/11).




Dia mencontohkan UMR di Majalengka sebesar Rp 1 juta, Jakarta-Karawang sebesar Rp 3 juta 500 ribu satu provinsi. Jika ada pengulangan kenaikan sejumlah 10 persen di setiap tahunnya, maka Majalengka merugi.

Oleh karena itu, menurut dia, harus dicari jalan keluar. "Dia (Jakarta-Karawang) Rp 1 juta tambah 10 persen, Rp 1,1 (juta). Ini Rp 3,5 ditambah 10 persen Rp 350 ribu. Jadi ini harus kita temukan," tuturnya.

Dalam waktu dekat, mantan Bupati Belitung Timur itu mengaku akan bertemu lembaga eksekutif dan legislatif di tiap daerah Jawa dan Bali untuk menyusun dan merumuskan rencana di Musrembang mendatang. "Kami baru akan membicarakan mungkin itu 2017 ya," tambahnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas