Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ahok dan Jonan akan Resmikan Layanan Kapal Perintis di Pelabuhan Sunda Kelapa

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan akan meresmikan layanan kapal perintis

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Sanusi
zoom-in Ahok dan Jonan akan Resmikan Layanan Kapal Perintis di Pelabuhan Sunda Kelapa
SERAMBI INDONESIA/RIZWAN
ilustrasi: Kapal Penyeberangan Dari Simeulue ke Daratan Aceh Mulai Beroperasi Pekerja memindahkan jembatan papan naik dan turun penumpang dari Kapal KM Sabuk Nusantara 35 yang bertolak dari Pelabuhan Jetty Meulaboh ke Sinabang, Senin (13/7) petang untuk membawa pemudik. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan akan meresmikan layanan kapal perintis untuk masyarakat Kepulauan Seribu pada Kamis (28/1/2016), di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

Kapal KM Sabuk Nusantara 46 dengan tipe 200 DWT yang dioperasikan oleh PT Pelni telah disiapkan Kementerian Perhubungan untuk melayani masyarakat di Kepulauan Seribu dengan rute Sunda Kelapa (sebagai pelabuhan pangkal)-Pulau Untung Jawa-Pulau Pramuka-Pulau Tidung-Pulau Kelapa (pp).

Pelayaran perdana kapal perintis tersebut ditargetkan mampu mengangkut penumpang hingga 114 orang itu.

"Pengadaan kapal perintis ini merupakan wujud komitmen Kementerian Perhubungan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan transportasi kepada masyarakat dan untuk meningkatkan kapasitas sarana transportasi laut di Kepulauan Seribu yang selama ini masih terbatas aksesibilitasnya," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub), JA Barata melalui siaran pers, Rabu (27/1/2016).

Untuk membiayai pengoperasian trayek kapal perintis tersebut, Kemenhub telah menganggarkan Public Service Obligation (PSO) sebesar Rp 5,9 miliar yang berasal dari DIPA pada Satuan Kerja Sunda Kelapa, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub.

Dengan beroperasinya KM Sabuk Nusantara 46 ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan meningkatkan aksesibilitas masyarakat di daerah Kepulauan Seribu dengan tarif yang terjangkau, dan tetap memperhatikan aspek keselamatan.

Selain itu, diharapkan keberadaanya turut mendongkrak perekonomian masyarakat setempat yang ditandai dengan tumbuhnya pusat-pusat perdagangan dan industri di daerah tersebut.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas