Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pelaku Pencurian Kabel Masuk Lewat Gorong-gorong

penumpukan kabel di Jalan Medan Merdeka Selatan merupakan ulah pencuri kabel.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Pelaku Pencurian Kabel Masuk Lewat Gorong-gorong
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/TAUFIK ISMAIL
Anggota Reskrimsus yang dipimpin oleh Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mujiono didampingi petugas PLN, lakukan olah TKP di saluran air depan Kementerian ESDM, untuk menyelidiki kasus sampah kulit kabel yang menyumbat gorong-gorong dengan cara membongkar drainase, Jumat (4/3/2016). TRIBUNNEWS.COM/TAUFIK ISMAIL 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Mujiono menduga, penumpukan kabel di Jalan Medan Merdeka Selatan merupakan ulah pencuri kabel.

"Jadi sampai saat ini, penyidik Ditkrimsus Polda Metro Jaya berkesimpulan sementara terjadi tindak pidana pencurian pemberatan berupa kabel-kabel di bawah tanah," tutur  Mujiono, Kamis (10/3/2016).

Tim gabungan Krimsus Polda Metro Jaya, Inafis, Telkom, PLN, dan Pol Air Polda Metro Jaya telah tiga kali masuk gorong-gorong yang diduga tempat para pelaku masuk mencuri kabel.

Di tempat kejadian perkara, aparat kepolisian menemukan barang bukti berupa senter kepala, gergaji besi, linggis, pacul kecil, tempat bekal makan, potongan kabel, isi kabel, dan kulit kabel.

Barang bukti temuan di TKP telah diserahkan ke Pusat Laboratorium Forensik Mabes Polri.

Ini dilakukan untuk memastikan kabel yang dipotong itu milik siapa.

Selain melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), aparat kepolisian memeriksa sejumlah saksi dari PLN, Telkom, Dinas Tata Air DKI Jakarta, dan warga sekitar gorong-gorong.

BERITA TERKAIT

Pemeriksaan saksi diperlukan untuk memperkuat temuan ada dugaan pencurian kabel

"Saksi sudah diperiksa. Barang bukti sudah diamankan dan sudah olah tkp. Dari situ dan dari olah TKP, di TKP ada gorong-gorong yang diduga dibobol para pelaku. Sehingga pelaku bisa keluar dari gorong-gorong setelah mengambil," kata dia.

Aparat kepolisian masih melakukan penyidikan temuan kabel ini.

Dia berharap supaya dalam waktu dekat kasus ini dapat terungkap.

Dia mengindikasikan cukup banyak pelaku melakukan pencurian kabel itu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas